Jumat, 01 Mar 2019 14:57 WIB

Twitter Uji Fitur Sembunyikan Balasan terhadap Cuitan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: 9to5mac Foto: 9to5mac
Jakarta - Twitter baru saja mengumumkan sedang menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan balasan terhadap cuitan mereka. Bocoran fitur ini pertama kali dilihat oleh peneliti aplikasi, Jane Manchun Wong.

Fitur ini tidak dapat digunakan untuk menyembunyikan balasan secara permanen. Tapi setidaknya fitur ini memberi kontrol moderasi kepada pengguna yang ingin membuat percakapan lebih sehat di sekitar tweet mereka.

"Kami telah melihat orang-orang mencoba menjaga percakapan mereka sehat dengan menggunakan fitur block, mute dan report, tapi fitur ini tidak selalu menyelesaikan isu," kata Senior Product Manager Twitter Michelle Yasmeen Haq, lewat cuitan yang dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (1/3/2019).




"Block dan mute hanya mengubah experience dari blocker, dan report hanya bekerja untuk konten yang melanggar kebijakan kami," sambungnya.

Fitur ini dapat diakses pengguna dengan tap ikon 'Share' di cuitan mereka, kemudian memilih opsi 'Hide Tweet' untuk menyembunyikan balasan terhadap cuitannya. Tapi, balasan tersebut tetap dapat dilihat pengguna lain jika mereka memilih opsi 'View Hidden Tweets'.




Selain itu, Twitter juga menyediakan opsi yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua cuitan yang sempat mereka sembunyikan sebelumnya. Pengguna juga akan bisa 'unhide' cuitan tersebut secara manual jika mereka ingin membuka balasan mereka di kemudian hari.

Belakangan ini Twitter memang sedang berupayan untuk mempromosikan percakapan yang lebih sopan dan positif di platform-nya. Mereka juga lebih proaktif dalam menyembunyikan konten yang sensitif dan menyaring cuitan yang berasal dari akun-akun provokatif.


(vim/krs)