Kamis, 28 Feb 2019 17:21 WIB

TV Online di Indonesia dan Berbagai Faktanya

Tim - detikInet
TV online di Indonesia dan berbagai faktanya. (Foto: Photo by Joanes Andueza on Unsplash) TV online di Indonesia dan berbagai faktanya. (Foto: Photo by Joanes Andueza on Unsplash)
Jakarta - Di zaman now, istilah TV online tentu kian lazim terdengar. Ya, perkembangan teknologi dan internet bikin nonton bisa dilakukan secara online -- TV online.

Pengertian TV Online

Televisi internet atau televisi daring, dan biasa disebut sebagai TV Online, merupakan sebuah situs web yang dirancang atau dibuat khusus untuk membantu menampilkan berbagai tayangan video yang terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas. Hal ini menjadikan TV online memang memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. TV online juga bisa diakses tanpa terbatas negara dan juga waktu, sehingga TV online Indonesia ini memiliki waktu dan bentuk distribusi yang berbeda-beda.

Untuk dapat mengakses atau menggunakannya, Anda hanya perlu koneksi Internet berlangganan untuk menghubungkan internet dengan perangkat. Bisa laptop, smartphone, atau TV yang mendukung. TV Online Streaming Indonesia sering disebut sebagai TOD atau Television on the Dekstop, TV Over IP dan juga vlog atau vodcast.

Fakta TV Online yang Harus Diketahui

Setelah membahas mengenai kegunaan dan fungsinya, selanjutnya akan kita bahas fakta apa saja yang ada dalam TV online. Di antaranya:

1. Sejarah TV Online

Steve Mann merupakan orang pertama yang memutuskan untuk membuat konsep TV online dengan membuat sebuah lifecasting yang menggunakan kamera, kemudian dipasangkan di badannya untuk merekam kehidupan sehari-hari. Setelah itu hasil rekaman nya diurutkan secara berurutan dan saling berkesinambungan. Pada tahun 1994, Steve Mann memutuskan untuk membagi cerita sehari-harinya selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa terputus sama sekali. Kemudian, situs web-nya menjadi situs yang cukup populer dan dikunjungi oleh banyak orang karena keunikan dan adanya berbagai cerita menyenangkan yang muncul di kehidupan Steve Mann. Setelah itu pada tahun 1998, Steve Mann juga membuka komunitas lifecaster yang berhasil merekrut ribuan anggota. Hingga saat ini semakin banyak orang yang ikut membuat tayangan televisi online di Internet seperti apa yang dilakukan Steve Mann dan dirasa jejaknya sangat pas untuk menarik perhatian banyak orang.

2. Perkembangan TV Online

Tahun 2003 O'Reilly Media mulai mencetuskan konsep Web 2.0. Konsep web ini membuat berbagai macam layanan Internet baru bermunculan, salah satunya adalah stasiun TV Internet. Hal ini tntu saja terinspirasi dari Steve Mann yang menyiarkan berbagai kebutuhan dan juga ceritanya, namun stasiun TV ini ingin mengemas menjadi lebih menarik dan berbeda. Stasiun TV Internet ini tidak hanya dikelola oleh stasiun televisi besar saja yang ada pada tahun 2003 di Amerika. namun sebagian besar dikelola oleh pengguna Internet individu yang menampilkan kehidupan sehari-harinya (lifecasting).

3. Penggunaan Koneksi Internet

Fakta ketiga, jika selama ini televisi umum menggunakan antene atau satelit, maka TV online membutuhkan koneksi internet yang kecepatannya cukup tinggi. Dengan begitu, anda bisa menikmati berbagai akses yang keren dan juga hiburan yang beragam. Koneksi yang masih dengan sistem Dial-up akan memperlambat siaran televisi yang sedang kita tonton, meskipun semakin hari jelas akan semakin berkembang. Karena data yang didistribusikan ialah berupa arsip multimedia dengan ukuran yag sangat besar.

Saat ini koneksi broadband telah dapat digunakan dengan sangat lancar di Indonesia, baik itu melalui jaringan kabel fiber optik broadband yang disediakan oleh beberapa provider jaringan Internet atau jaringan 3G di ponsel kita. Hal ini juga berkaitan dengan kecanggihan ponsel yang semakin baik, dengan adanya penambahan berbagai fitur yang bisa membantu mengakses pengguna untuk melihat berbagai tayangan seperti TV online walaupun terbatas. Semakin besar kecepatan koneksi Internet, maka kualitas tayangan yang bisa kita saksikan akan semakin baik pula. Melalui televisi online ini kita bisa menyaksikan tayangan berkualitas HD (High Definition) pada kecepatan lebih dari 512 kbps.

4. Aplikasi pendukung

Meskipun begitu kelemahan dari TV online terkadang pemasangannya cukup rumit atau tidak sesimple TV biasa. Anda harus menggunaakan browser dan aplikasi pendukung jika anda ingin menggunakan TV online tersebut. untuk anda yang menggunakan komputer sebagai medai pengaksesannya, maka anda bisa menggunakan aplikasi pendukung atau aplikasi khusus seperti halnya Adobe Flash Player, Java, dan lain-lain. Tapi kesemuanya itu bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di berbagai situs. Beberapa aplikasi berbayar dan beberapa aplikasi lagi tidak berbayar, anda bisa mengunduhnya secara bebas di Google atau search engine terpercaya lainnya. Untuk yang berbayar umumnya diberikan fitur khusus yang sangat bebas.

5. Persyaratan lain

Untuk menyaksikan tayangan televisi melalui Internet, beberapa program mensyaratkan spesifikasi PC tertentu, namun tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, hanya dengan spesifikasi yang standar kita sudah bisa menggunakan untuk menonton tayangan di televisi Internet atau TV online ini. alasan mengapa harus ada syarat karena berkaitan dengan kapasitas dan kualitas yang akan diberikan oleh tayangan tersebut. sehingga baiknya anda memenuhi untuk kenyamanan dan juga kualitas yang ada. PC yang kita miliki minimal memiliki spesifikasi Windows XP Service Pack 2 dengan DirectX 9.0c, prosesor Pentium 4 1 GHz, memori RAM 512 MB, kartu grafis 32 MB, dan dukungan DirectX. Speaker dengan kualitas suara yang bagus dan layar monitor yang tajam dan lebar juga akan menambah kenyamanan kita menyaksikan tayangan acara di televisi Online.

6. TV Online di Indonesia

Sekarang ini, banyak bermuculan situs-situs yang menampilkan siaran televisi secara online dan telah diakses oleh banyak orang di Indonesia dan terus bertambah atau berkembang. Beberapa dikelola oleh Stasiun televisi swasta di Indonesia. Banyak juga pengguna Internet di Indonesia yang mengakses situs televisi Online dari luar negeri untuk mendapatkan informasi atau sekadar menonton acara televisi luar. Bahkan banyak pihak luar yang mau berinvestasi dan menampilkan tayangan mereka karena antusiasme pihak Indonesia dalam menggunakan fasilitas TV online.


TV Online di Indonesia dan Berbagai Faktanya


(krs/rns)