Kamis, 28 Feb 2019 07:49 WIB

Laporan dari Bangkok

Alasan Go-Jek Usung Nama Get di Thailand

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Bangkok - Go-Jek kini telah resmi mengaspal di Thailand. Tapi jelmaannya di Negeri Gajah Putih ini tidak menggunakan nama Go-Jek, melainkan Get.

Tentunya penggunaan nama Get untuk layanan Go-Jek di Thailand memiliki alasan khusus. Menurut pendiri dan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim tidak digunakannya nama Go-Jek di Thailand karena mereka butuh nama yang lebih familiar di mata penggunanya.


"Ultimately alasan kenapa Go-Jek sebagai brand itu sukses banget itu karena benar-benar dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bukan hanya dari sisi nasionalis tapi juga dari sisi familiarity dari ojek," kata Nadiem saat ditemui di Bangkok, Thailand, Rabu (27/2/2019).

"Nah itu tidak ada koneksi terhadap nama itu di Thailand misalnya. Di mana bahasanya completely different, kulturnya beda," sambungnya.

Ia pun memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada tim Get di Thailand untuk menentukan nama yang ingin mereka gunakan. Ia beralasan, tim dari Thailand lah yang memiliki wawasan lokal dan tahu branding seperti apa yang akan diterima oleh masyarakat.

Asal-usul nama Get

Alasan Go-Jek Usung Nama Get di ThailandFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET


Dalam kesempatan berbeda, pendiri dan CEO Get, Pinya Nittayakasetwat menjelaskan asal-usul dipilihnya nama Get. Pria yang biasa disapa Kun Pan ini mengatakan bahwa pemilihan nama ini untuk menunjukkan bahwa Get bisa mendapatkan apa pun permintaan pengguna, baik itu layanan ojek atau antar makanan favorit pengguna.



Bahkan untuk menegaskan bahwa mereka bisa mengerti dan mendapatkan apa pun permintaan pengguna, Get juga mengusung tagline yang sangat catchy yaitu 'We Get You'.

"Get adalah satu nama yang mudah diingat masyarakat Thailand. Kami memahami Anda, apa yang ingin Anda lakukan, apa yang Anda perlukan. Itu lah kenapa Get merupakan kata terbaik yang cocok untuk perusahaan kami," jelas Kun Pan.



Tonton juga video 'Menkominfo Apresiasi Usaha Go-Jek Ekspansi ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]


Alasan Go-Jek Usung Nama Get di Thailand
(vim/afr)