Senin, 25 Feb 2019 08:59 WIB

Serba-serbi Google Drive: Pengertian, Penggunaan, dan Fitur

Tim - detikInet
Google Drive, layanan penyimpanan yang kini kian lazim dipakai termasuk di WhatsApp. (Foto: dok. Google) Google Drive, layanan penyimpanan yang kini kian lazim dipakai termasuk di WhatsApp. (Foto: dok. Google)
Jakarta - Sebagian orang mungkin belum ngeh benar dengan Google Drive, padahal layanan dari Google itu saat ini kian lazim dipakai termasuk di WhatsApp.

Google Drive, atau G Drive, merupakan sebuah layanan Google untuk penyimpanan (online) awan dan pencadangan file untuk foto, video, file, dan banyak lagi. Hal itu membuat file yang disimpan di dalamnya dapat diakses dari mana saja.

Nah, salah satu yang menggunakan Google Drive ini adalah layanan messaging WhatsApp, yang melakukannya untuk pencadangan riwayat chat. Saat ini Data WhatsApp di Google Drive bahkan bisa tersimpan sebanyak-banyaknya tanpa batasan.




Untuk mengetahui lebih lanjut soal Google Drive, termasuk fitur-fitur yang dimiliki, berikut ulasannya.

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan secara online, dengan basis internet (cloud). Layanan ini sengaja dibuat karena tuntutan kondisi saat ini, di mana banyak orang yang membutuhkan untuk mengakses data dimanapun, kapanpun, dengan cara yang mudah. Seringkali beberapa orang mungkin kehilangan alat penyimpanan data nya seperti flashdisk ataupun ponsel. Kini tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengakses data lewat Google Drive ini di manapun dan kapan pun. Aman dan praktis.

Penggunaan Google Drive sendiri sangat mudah. Dengan Google Drive ini anda dapat mengakses data-data anda melalui gadget pribadi, seperti halnya computer, PC, laptop, tablet, ataupun smartphone. Selain itu Google Drive ini dapat diakses di manapun dan kapanpun selama Anda terhubung dengan internet. Selama ada internet, maka Anda bisa mengakses Google Drive.




Adapun deretan fungsi dan fitur Google Drive lain di antaranya adalah :

1. Menyimpan data merupakan salah satu fungsi utama dari Google Drive. Kelebihan ini memang sengaja dibuat oleh Google sebagai salah satu kelebihan yang paling menonjol, yakni para pemuda dapat menyimpan file atau dokumen serta mengakses di mana saja, baik di rumah maupun di kantor. Hal ini dibantu dengan adanya internet karena Google sendiri hanya bisa diakses melalui internet saja. Google Drive bisa diakses melalui drive.google.com yang telah menyediakan ruang sebesar 15 Gigabyte untuk masing-masing penggunanya. Data yang bisa disimpan dalam Google Drive adalah data yang dibuat melalui menu Google Drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain di luar Google.

2. Selain menyimpan, nyatanya Anda bisa mengedit dan juga membuat dokumen. Dengan menggunakan aplikasi ini Google Drive dikenal sebagai salah satu aplikasi yang fleksibel dan juga mudah untuk dioperasikan ataupun digunakan. Google Drive memungkinkan pengguna untuk membuat lembar kerja ataupun di spreadsheet baru, serta mengedit data yang sudah ada di dalam Google Drive tersebut. Sehingga jika anda menyimpan sebuah file atau dokumen penting dan ingin mengeditnya saat itu juga, maka anda bisa membukanya langsung di Google Drive. Tanpa perlu mendownload terlebih dahulu atau mengekstraknya ke Microsoft Office. Hal ini Tentu saja sangat mempermudah dan juga mempersingkat waktu penggunaan.

Manfaat menggunakan Google Drive

Berbicara soal manfaat sendiri, tentu saja kita berbicara soal efisiensi dan juga efektivitas. Aplikasi Google Drive ini terkenal sebagai salah satu aplikasi penyimpan data yang sangat mudah digunakan anda tidak perlu repot membawa habis ataupun flash disk, terutama karena adanya potensi alat tersebut hilang atau terkena virus. Selain itu beberapa orang juga merasa bahwa data data penting mereka seringkali tercecer ataupun hilang, terutama data penting lagi ijazah dan lain sebagainya. Anda bisa memfoto atau melakukan scanning pada dokumen tersebut dan menyimpannya selama email Anda aktif. Maka data yang ada di Google Drive itu bisa diakses kapanpun dan dimanapun dengan waktu yang tidak terbatas.




Setelah membahas mengenai pengertian fungsi dan juga manfaat. Berikut ini akan kita bahas mengenai fakta yang ada di balik aplikasi Google Drive, di antaranya adalah:

1. Privasi dan Hak

Fitur pertama terkait hak dan privasi. Di mana kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Anda tidak perlu mengirimkan melalui email atau repot-repot mendownload terlebih dahulu, namun anda bisa langsung sharing atau melakukan pembagian file lewat Google Drive secara langsung. Selama anda mengetahui email dari pengguna lainnya. Tidak hanya itu anda juga dapat memberikan hak akses bagi orang lain. Seperti halnya mereka yang ingin melihat isi dari Google drive Anda. Namun jangan khawatir untuk kehilangan data ataupun data diedit, karena anda bisa memberikan izin hanya sebatas view content ataupun bisa mengedit dokumen saja. Cocok untuk Anda yang bekerja secara tim.

2. Translate Otomatis

Jika Anda mendapatkan file yang kurang dimengerti atau berbahasa selain Inggris dan Indonesia, tak perlu khawatir karena Google Drive memiliki fitur penerjemah dokumen. Fitur ini sudah terhubung dengan aplikasi lain yang dimiliki oleh Google, yakni Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Setelah itu klik menu tools kemudian pilih Translate dokumen. Nantinya dokumen tersebut akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan. Perlu diingat seringkali Google Translate memang tidak sesuai dengan grammar atau bahasa yang sesuai. Tapi setidaknya Anda tidak perlu bekerja ekstra untuk men-translate semua dokumen yang ada.




3. Convert Data

Faktor selanjutnya adalah convert PDF to text, fitur untuk mengubah file dari format PDF menjadi format teks. PDF sendiri layaknya gambar yang sudah terkunci sehingga tidak dapat diedit ataupun di-copy. Namun melalui Google drive Anda bisa mengubah format tersebut menjadi sebuah teks. Caranya sangat mudah, Anda bisa membuka file PDF di Google Drive kemudian download Microsoft Word. Setelah file yang didownload dari format docx, Anda bisa mengedit dengan mudah dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

4. Revision History

Fakta terakhir yang bisa anda lakukan dari Google Drive adalah revision history. Fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah Anda edit. Umumnya beberapa orang mungkin merasa lupa atau membutuhkan tanggal yang tepat, kapan Anda melakukan revisi dalam dokumen tersebut. Selain itu revision history juga dapat melakukan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasinya.


Tonton juga video Google Maps Usung AR Agar Pengguna Tak Mudah Tersasar:

[Gambas:Video 20detik]


Serba-serbi Google Drive: Pengertian, Penggunaan, dan Fitur
(krs/fyk)