Minggu, 24 Feb 2019 14:15 WIB

Mengenal Google Maps: Pengertian, Fungsi, dan 8 Faktanya

Tim - detikInet
Google Maps. (Foto: Photo by NESA by Makers on Unsplash) Google Maps. (Foto: Photo by NESA by Makers on Unsplash)
Jakarta - Google merupakan perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi dan juga sejenisnya. Salah satu yang dibuatnya aplikasi Google Maps.

Di zaman now, pengguna Google Maps niscaya kian lazim ditemukan. Secara khusus dengan berkembangnya penggunaan layanan transportasi online. Nah, artikel berikut akan mengulas mengenai fakta-fakta unik di balik Google Maps ini.




Pengertian Google Maps

Dengan berbentuk layanan peta yang terkenal akan kekuatannya, Google Maps akan menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas yang ada di seluruh dunia. Bahkan Google Maps sendiri menyediakan bentuk ataupun rupa dari planet sehingga bumi dan juga detail di yang ada di dalamnya. Google Maps dapat diakses di berbagai tempat mulai dari komputer tablet ataupun handphone, selama internet ataupun jaringan anda berjalan dengan baik dan juga lancar. Untuk menggunakan Google Maps secara maksimal, dibutuhkan pula koneksi jaringan internet yang setidaknya berjalan lancar. Koneksi yang tersendat potensial membuat Google Maps error.

Fakta Google Maps

1. Data Google Maps

Fakta unik yang pertama dari Google Maps adalah data ataupun dokumen yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Berdasarkan gabungan dari data satelit air yang ada juga street-level. Google Maps memiliki lebih dari 20 petabyte data yang setara dengan 21 juta Gigabyte ataupun 20.500 terabyte. Di mana data ini bukan hal yang main-main untuk sebuah aplikasi ataupun server. Sehingga Google Maps dengan bobot yang cukup besar mampu menyimpan sangat banyak data dan juga penampang sebuah daerah dengan mendetail.

2. Area Pribadi

Selanjutnya adalah mengenai area pribadi. Bagaimana dengan area pribadi yang terlihat di area Google? Para pemilik satelit dapat menyamarkan beberapa area pribadi sebelum gambar dari satelit tersebut diterima oleh Google. Pemerintah juga dapat memberikan petisi kepada para pemilik satelit untuk menyamarkan area geografis yang dianggap Sensitif, atau tidak boleh dilihat oleh masyarakat umum. Mengingat Google Maps sendiri dapat diakses oleh siapapun dan juga kapanpun. Umumnya beberapa daerah ataupun negara yang memiliki area tidak terbuka dan juga tidak boleh diekspos. Beberapa negara juga memiliki perjanjian dengan Google dan juga pengajuan. Sehingga nantinya Google akan menyamarkan area tersebut atau tidak memperlihatkan secara jelas. Umumnya Google hanya menampilkan sebuah areal ataupun bidang tanah yang terlihat samar atau terlihat dari kamera kejauhan.




3. Bisa Ke dalam Bangunan

Jika berbicara soal fakta unik selanjutnya, ada beberapa negara yang memberikan akses ke dalam Museum dan juga bangunan yang ada di streetview. Namun hanya beberapa negara saja yang telah bekerja sama dengan Google, untuk mendukung perkembangan teknologi mereka. Di sisi lain beberapa pemilik bisnis juga meminta Google untuk dapat memberikan akses kepada gedung tempat usaha mereka, agar banyak publik yang melihatnya.

Hal ini sebenarnya masuk ke dalam salah satu bagian promosi yang dapat dilakukan secara online. Google telah bekerjasama dengan ribuan pemilik bisnis yang ada di 8 negara, agar dapat membawa teknologi streetview ke dalam bangunan mereka. Saat ini sudah ada Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, irlandia, Belanda, Kanada, dan juga Prancis, yang menjadi negara yang bekerja sama dengan Google. Selain itu para pengguna juga dapat melihat lihat beberapa bagian yang ada di dalam gedung putih di Amerika Serikat.

4. Kualitas Kamera

Anda tentu bertanya-tanya setelah melihat Google Maps yang sangat detail dan juga akurat; kamera apa yang digunakan oleh para pekerja Google? Meski masih dalam tahap eksperimen, Google ternyata memakai sistem kamera yang memiliki 15 lensa dan dapat menghasilkan foto dengan resolusi sebesar 65 megapiksel. Di mana lensa ini akan diletakkan di atas mobil bersama dengan mesin GPS, sehingga kamera akan menangkap area-area yang sangat akurat sesuai dengan titik koordinat ataupun GPS. Kamera ini sendiri memang jarang terlihat kecuali digunakan oleh para karyawan Google ketika mengambil data.




5. Akses area sempit

Lantas bagaimana tim Google Maps akan mengambil area streetview? Jika jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh mobil ataupun jalan yang sangat sempit selain Mobil SUV, Google juga menggunakan sepeda roda tiga ataupun troli khusus, bahkan pada kondisi tertentu termasuk juga mobil salju. Sepeda roda tiga yang digunakan untuk mengambil gambar taman kampus, Stadion, dan juga daerah yang tidak dapat dijangkau oleh mobil serta memiliki area seperti tangga. Troli digunakan untuk mengambil gambar di dalam gedung, dan mobil salju digunakan untuk mengambil gambar di area yang Medan penuh salju, khususnya di area kutub.

6. Penyamaran Wajah

Fakta unik selanjutnya adalah menyamarkan setiap wajah seseorang yang tampak di streetview. Apakah benar? Mungkin seringkali anda melihat Google Maps dan juga melihat beberapa orang yang memiliki wajah yang sangat jelas namun sebagian lagi tidak. Hal ini dikarenakan Google memakai teknologi otomatis yang dapat menyamarkan wajah orang-orang yang muncul di streetview. Para pengguna juga bisa meminta penyamaran lebih detail. Jika wajah orang tersebut dirasa masih tampak jelas. Namun hal ini seringkali tidak dipermasalahkan oleh masyarakat selama orang-orang tersebut hanyalah masyarakat sekitar yang sedang berjalan kaki ataupun melakukan kegiatan sehari-hari.




7. Perekaman kamera

Juru bicara Google mengaku terkadang mereka mendapatkan laporan gambar tidak layak dari para pengguna Google Maps, terutama di area streetview. Hal ini tentu saja yang berkaitan dengan area-area yang sangat akurat. Namun masalahnya camera merekam ketika banyak kejadian-kejadian yang seharusnya tidak dilihat ataupun dirasa kurang sesuai. Google yang secara rutin memantau laporan penggunaan akan segera menangani keluhan tersebut. Sehingga ketika anda melihat Google Maps dan dirasa terdapat sebuah area atau kejadian yang tidak baik untuk dilihat secara umum ada bisa melaporkan langsung ke tim Google.

8. Pembaharuan Data

Faktor yang terakhir adalah seberapa sering gambar Google Maps, diperbaharui bergantung dari ketersediaan data gambar airnya dan satelit diperbaharui setiap dua minggu. Sedangkan gambar street view dapat diupdate secepatnya. Meskipun tidak ada waktu pasti karena tergantung dari kondisi cuaca dan juga lalu lintas. Umumnya review sendiri memiliki gambar yang hampir sama setiap 2 minggu namun untuk siswa yang memiliki kualitas ataupun cuaca yang baik maka Google akan memperbaruinya setiap 1 minggu sekali.
(fyk/krs)