Senin, 18 Feb 2019 10:41 WIB

(Startup) Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn, Apa Bedanya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ini beda startup Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn. (Foto: dok: detikcom) Ini beda startup Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn. (Foto: dok: detikcom)
Jakarta - Dalam debat Pilpres 2019 yang kedua, calon nomor urut 01 Joko Widodo sempat bertanya kepada calon nomor urut 02 Prabowo Subianto mengenai caranya mendukung pengembangan startup unicorn di Indonesia.

Istilah unicorn memang sangat erat kaitannya dengan startup atau perusahaan rintisan. Istilah ini berarti startup yang telah memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar.




Di Indonesia sendiri telah ada empat startup yang menyandang status unicorn yaitu Go-Jek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Berdasarkan data CB Insights, per Januari 2019 telah ada lebih dari 300 startup unicorn di seluruh dunia dengan total valuasi sekitar USD 1.074 miliar.

Tapi, ternyata masih ada dua 'tingkat' lagi yang bisa dicapai oleh startup yang telah mencapai status unicorn, yaitu decacorn dan hectocorn.

Startup yang telah mencapai tingkat decacorn berarti telah memiliki valuasi sebesar USD 10 miliar.

Dari lebih dari 300 startup unicorn yang ada di dunia, ada 15 startup unicorn yang telah naik tingkat menjadi decacorn. Startup decacorn yang ada di dunia didominasi oleh startup dari Amerika Serikat.




Untuk startup dari Indonesia, sudah ada satu startup yang siap menjadi startup decacorn, yaitu Go-Jek. Dengan pendanaan terbarunya dari Google, Tencent dan JD.com, valuasi Go-Jek saat ini mencapai USD 9,5 miliar.

Sementara hectocorn atau yang disebut juga super unicorn berarti startup yang telah memiliki valuasi sebesar USD 100 miliar.

Tidak banyak informasi yang tersedia tentang 'spesies' langka ini. Tapi jika menilik valuasinya maka dapat dibilang perusahaan rintisan itu mesti berada di level seperti Google, Microsoft, Apple dan Facebook agar dapat berstatus hectocorn.


Simak Juga 'Menonton Lagi Keseruan Jokowi-Prabowo Bahas Unicorn':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)