Minggu, 17 Feb 2019 22:41 WIB

Pak Prabowo, Ini Lho 4 Startup Unicorn Indonesia

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Dalam sesi saling bertanya di debat Capres 2019 kedua, Joko Widodo bertanya kepada Prabowo Subianto soal cara mendukung perkembangan startup unicorn di Indonesia.

"Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia?" tanya Jokowi.

Mendapat pertanyaan itu, Prabowo bertanya balik apa yang dimaksud unicorn dalam pertanyaan Jokowi.

"Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya, kan?," Prabowo bertanya balik.



Sesi ini pun memancing komentar publik. Banyak yang merasa gemas Prabowo tampak seperti tidak tahu apa itu unicorn.

Dalam istilah startup atau perusahaan rintisan, unicorn adalah startup yang valuasinya lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun.

Saat ini, ada 4 startup unicorn yang dimiliki Indonesia dan sering disebut-sebut Jokowi, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

Yang menarik, dari keempat nama tersebut sudah ada yang mendekati status berikutnya, yaitu decacorn yang merupakan label bagi startup dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar.

Kembali ke pertanyaan soal startup unicorn yang diajukan Jokowi kepada Prabowo, capres nomor urut 2 tersebut menyatakan akan mendukung sepenuhnya kehadiran startup unicorn di Indonesia.



"Kita fasilitasi dan kita kurangi regulasi pengembangan mereka. Saya dengar akan ada perpajakan untuk perdagangan online, itu akan kita respon. Luar biasa pesatnya. Peluang luar biasa," ujarnya.

Jokowi kemudian diberi kesempatan menanggapi jawaban Prabowo. Dikatakan Jokowi, saat ini di ASEAN ada 7 unicorn dan 4 di antaranya berasal dari Indonesia, yakni 4 nama yang sudah disebutkan sebelumnya. Pemerintah terus menggenjot kelahiran startup unicorn lainnya, sebagai bentuk pemanfaatan ekonomi digital.

"Kita siapkan program 1.000 startup yang dihubungkan dengan inkubator global, agar mereka berkembang. Kita bangun Palapa Ring di Indonesia barat dan tengah yang sudah 100% selesai dan di timur masih 90% namun di pertengahan tahun akan selesai. Sistem 4G akan menjangkau semua kabupaten dan kota. Regulasi akan kita bangun. Memudahkan namun tetap mengendalikan," urai Jokowi.

Beralih kembali ke Prabowo yang dipersilakan memberikan tanggapan atas pernyataan Jokowi, pasangan Sandiaga Uno ini mengatakan hal mendasar pada ekonomi Indonesia adalah terjadinya disparitas yang luar biasa.



"Ada segelintir orang yang menguasai separuh lebih kekayaan. Saya khawatir, unicorn akan memperlebar disparitas. Menteri Bapak sendiri mengatakan ada Rp 11 ribu triliun uang Indonesia di luar negeri. Saya khawatir pengembangan e-commerce akan memperlebar kemungkinan uang kita mengalir ke luar negeri," kata Prabowo berbarengan dengan habis waktu memberikan tanggapan.


Video: Adu Greget Jokowi dan Prabowo Soal Startup Unicorn

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed