Selasa, 12 Feb 2019 21:40 WIB

Rusia Mau Uji Coba Asingkan Warganya dari Internet Dunia?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Rusia kabarnya mau menggelar uji coba dalam mengasingkan diri dari internet global. Foto: Dok. Anadolu Agency Rusia kabarnya mau menggelar uji coba dalam mengasingkan diri dari internet global. Foto: Dok. Anadolu Agency
Jakarta - Pemerintah Rusia kabarnya bakal melangsungkan uji coba untuk mengasingkan diri dari internet global. Rencana ini terkait dengan program keamanan siber yang dicanangkan oleh negara pimpinan Vladimir Putin itu.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Rusia sudah memperkenalkan Digital Economy National Program. Tercantum di dalamnya adalah para penyedia layanan internet, atau Internet Service Provider (ISP), lokal harus tetap berjalan sebagaimana mestinya ketika Rusia memutus koneksi dengan internet dunia.




Dalam program tersebut, para ISP yang disebutkan tadi akan mengarahkan traffic ke dalam negeri dan mengandalkan Domain Name System (DNS) milik sendiri. Sekadar info, DNS merupakan ibarat buku telepon untuk internet yang menyimpan nama-nama host maupun domain.

Pada tahap awal, program ini mungkin akan berguna untuk menangkal ancaman siber yang mengarah ke Rusia. Nah, hal yang sedikit mengerikan baru akan muncul jika ini diteruskan lebih lanjut.




Rencana ini akan memungkinkan Rusia untuk mengoperasikan internet miliknya sendiri dan benar-benar memutuskan hubungan dengan internet global. Itu berarti, data warganya akan benar-benar sangat diawasi gerak-geriknya lewat internetnya sendiri, bukan cuma sekadar menangkal ancaman dari pihak asing.

Disebutkan bahwa uji coba tersebut akan dilangsungkan sebelum 1 April 2019. Itu merupakan hari terakhir yang ditentukan untuk mengajukan amandemen terhadap Digital Economy National Program, sebagaimana detikINET kutip dari Tech Crunch, Selasa (12/2/2019).


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com