Kamis, 24 Jan 2019 09:34 WIB

'Nilai Bitcoin Bakal Anjlok Menjadi Nol'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images
Jakarta - Nilai Bitcoin dan mata uang digital lain sering mengalami fluktuasi dan belakangan cenderung menurun. Bahkan investor ini meyakini nanti bisa saja nilai Bitcoin menjadi nol.

Pada tahun 2018, value mata uang digital terpangkas lebih dari USD 480 miliar menurut data dari Coinmarketcap. Setelah menembus nilai tertinggi di 2017, Bitcoin jatuh secara dramatis. Nilai terkininya sekitar USD 3.571.

"Saya yakin Bitcoin akan menjadi nol nilainya. Saya pikir itu adalah teknologi yang hebat tapi saya tidak percaya ia adalah mata uang. Bitcoin tidak berbasis pada apapun," sebut Jeff Schumacher, pendiri BCG Digital Ventures.



Dikutip detikINET dari CNBC, Kennet Rogoff selaku profesor di Harvard di sisi lain juga mengatakan mata uang digital tidak akan menggantikan mata uang tradisional. Selain itu, juga rentan untuk disalahgunakan.

Beberapa pihak memang skeptis dengan masa depan Bitcon serta mata uang digital secara keseluruhan. Tapi tentu yang mendukungnya tak kalah banyak, termasuk CEO Twiter Jack Dorsey serta pendiri Apple, Steve Wozniak.

Wozniak, mengatakan ia setuju dengan apa yang sempat diungkapkan oleh Jack Dorsey, CEO Twitter, mengenai Bitcoin. Saat itu, Dorsey percaya jika Bitcoin akan menjadi mata uang tunggal di dunia, dan Wozniak juga menginginkan hal tersebut dapat terjadi.



"Saya setuju dengan apa yang Jack Dorsey katakan tanpa perlu berharap itu akan terjadi, namun karena saya ingin hal tersebut menjadi kenyataan. Itu merupakan sebuah pemikiran yang sangat murni," ujarnya.

"Bitcoin dapat terdefinisi secara matematis, ada kuantitas yang pasti, terdapat cara bagaimana ia terdistribusi. Ini sangat murni dan tidak ada manusia di belakangnya, tidak ada perusahaan yang menjalankannya, ini hanya terus tumbuh, tumbuh, dan berusaha bertahan," tuturnya menambahkan. (fyk/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed