Senin, 07 Jan 2019 14:00 WIB

Hartawan Jepang Jadi Pemilik Kicauan dengan Retweet Terbanyak

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Yusaku Maezawa, miliarder Jepang sekaligus turis pertama SpaceX untuk pergi ke Bulan yang menjadi pemilik tweet dengan retweet terbanyak. Foto: Instagram/@yusaku2020 Yusaku Maezawa, miliarder Jepang sekaligus turis pertama SpaceX untuk pergi ke Bulan yang menjadi pemilik tweet dengan retweet terbanyak. Foto: Instagram/@yusaku2020
Jakarta - Jika Kylie Jenner jadi sosok pemilik unggahan paling banyak disuka di Instagram, maka Yusaku Maezawa jadi orang yang mendapat retweet paling banyak di Twitter. Hal tersebut terjadi setelah si hartawan Jepang dengan entengnya ingin membagikan uang ratusan juta yen ke sejumlah netizen yang beruntung.

Yusaku sendiri merupakan orang yang dipilih oleh Elon Musk sebagai turis pertama dalam proyek wisata ke Bulan milik SpaceX. Untuk mendapatkan tiket perjalanan itu pun, pria asal Jepang harus merogoh kocek lumayan dalam.




Berdasarkan data dari Forbes, Yusaku memiliki kekayaan senilai USD 2 miliar, atau sekitar Rp 29,5 triliun. Start Today jadi sumber pemasukannya, yang merupakan induk perusahaan dari Zozo, atau Zozotown, salah satu e-commerce terbesar di Negeri Sakura.

Dengan kekayaan tersebut, ia ingin menyalurkan sebagiannya ke sejumlah netizen. Lewat akun Twitter miliknya, Yusaku ingin melakukan selebrasi kesuksesan penjualan e-commerce miliknya pada momen pergantian tahun.

"Diskon Tahun Baru Zozotown jadi yang tercepat dalam sejarah dan telah melewati transaksi 10 miliar yen sejauh ini! Sebagai ungkapan terima kasih, saya akan membagikan 100 juta yen untuk 100 orang," kicau Yusaku.

"Untuk ikutan, cukup ikuti saya dan RT tweet ini. Saya akan DM pemenang secara langsung," katanya menambahkan.

Itu berarti, secara keseluruhan, ia akan membagikan sekitar Rp 13 miliar ke 100 warganet beruntung secara cuma-cuma. Dengan rata-rata setiap orang mendapat 1 juta yen (Rp 130 juta), tentu itu menjadi tawaran yang sangat menarik.


Benar saja, kicauan Yusaku tersebut sudah mendapat lebih dari 4 juta retweet sejauh ini. Catatan tersebut membuatnya jadi pemilik kicauan dengan retweet terbanyak sepanjang sejarah.

Berdasarkan data dari Statista, pemegang rekor sebelumnya adalah kicauan dari Carter Wilkerson saat ia meminta Wendy's untuk memberikannya nugget secara gratis dengan jumlah retweet mencapai 3,58 juta. Setelahnya, ada selfie Ellen DeGeneres pada ajang Oscars 2014 lalu yang mendapat 3,3 juta retweet.





(mon/krs)