Senin, 07 Jan 2019 08:20 WIB

Shopee Ungguli Lazada dan Tokopedia Jadi e-Commerce Terpopuler

Moch Prina Fauzi - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Sebagai salah satu e-commerce yang rajin mengadakan flash sale, Shopee mencatat pencapaian baru. Perusahaan yang identik dengan warna oranye tersebut kini menjadi e-commerce terpopuler di Asia Tenggara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (7/1/2019), App Annie mencatat bahwa Shopee telah mendahului Lazada dan Tokopedia soal jumlah unduhan. Aplikasi Shopee kini berada di urutan pertama karena paling banyak ter-install di perangkat pintar.

Shopee menjelaskan, kesuksesannya di Asia Tenggara didukung dengan adanya aplikasi versi lokal di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.



Di sisi lain Lazada yang berada di posisi kedua, memiliki konsep one-app yang dapat digunakan di berbagai negara berbeda. Shopee juga menyatakan perannya dalam meningkatkan nilai ekonomi digital di sektor e-commerce Asia Tenggara. Mereka turut andil dalam kenaikan GMV (Gross Merchandising Value) sebesar 153% dibandingkan kuartal ketiga tahun 2017.

Shopee Ungguli Lazada dan Tokopedia sebagai e-Commerce TerpopulerFoto: shopee



Pada periode tersebut, total adjusted income milik Shopee adalah USD 71,2 juta, atau jauh lebih tinggi dibandingkan angka yang tercatat di kuartal ketiga 2017.

Sejalan dengan banyaknya konsumen yang menggunakan smartphone untuk belanja online, estimasi nominal GMV yang dapat diraih Shopee berkisar antara USD 6,9 miliar hingga USD 7,3 miliar, alias sepertiga dari estimasi total GMV e-commerce yang dilaporkan oleh Google dan Temasek Holdings. (mul/mpr)