Kamis, 03 Jan 2019 12:01 WIB

Romantisme Seperempat Abad Bill Gates dan Istrinya

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Bill Gates dan Melinda Gates yang pada 1 Januari 2019 sudah menikah selama seperempat abad. (Foto: Scott Olson/Getty Images) Bill Gates dan Melinda Gates yang pada 1 Januari 2019 sudah menikah selama seperempat abad. (Foto: Scott Olson/Getty Images)
Jakarta - Januari jadi bulan yang istimewa bagi salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates. Pada hari pertama di bulan ini seperempat abad lalu, Bill menikahi Melinda Gates, yang memiliki nama lajang Melinda Ann French.

Lebih spesifik, mereka menikah pada 1 Januari 1994 di Lanai, sebuah pulau di Hawaii. Itu berarti, sampai dengan tahun 2019 ini, mereka sudah menjalani biduk rumah tangga selama 25 tahun -- sebuah pernikahan perak.

Perjalanan keduanya bermula ketika bertemu pada 1987 dalam sebuah acara Microsoft untuk media. Saat itu, Melinda baru empat bulan menjadi pegawai perusahaan tersebut.




Bill yang tertarik dengan sosok Melinda, meski kurang begitu mengenalnya, mengajaknya untuk berkencan ketika mereka berjumpa lagi di tempat parkir kendaraan. Lucunya, mantan pria terkaya di dunia harus dua kali berusaha untuk mengajak Melinda kencan sampai wanita tersebut mau pergi bersamanya.

Meski Bill menyandang status sebagai salah satu orang terkaya di dunia, yang saat ini hanya kalah dari Jeff Bezos, bukan berarti kehidupan mereka berjalan bahagia begitu saja. Ada kesedihan yang merundungi mereka di balik kekayaan tersebut lantaran merasa tidak adil dapat sedemikian kaya.

"Tidak adil mengetahui bahwa kami punya banyak kekayaan sementara orang lain tidak. Dan tidak adil kekayaan kami membuka pintu yang tertutup bagi kebanyakan orang," sebutnya," ucap Melinda Februari 2018 lalu.




Maka dari itu, Bill dan Melinda pun coba memanfaatkan kekayaan, keistimewaan, dan pengaruh luar biasa mereka untuk kebaikan banyak orang. Salah satunya dengan membentuk yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation.

"Kami kira itu adalah tanggung jawab dasar dari seseorang yang punya banyak uang. Jika kalian sudah merawat diri kalian dan anak kalian, penggunaan terbaik dari kemakmuran ekstra adalah dengan memberikannya kembali pada masyarakat," ujar Bill dalam kesempatan yang sama dengan ungkapan Melinda di atas.

Bahkan, pria berkacamata mengaku sudah membicarakan dengan Melinda untuk menghabiskan banyak waktu dalam kegiatan filantropi. Ia pun berencana memberikan seluruh uangnya secara bertahap, bahkan sampai dirinya dan Melinda sudah tidak ada di dunia ini.




Selain gemar beramal, keduanya juga sangat mementingkan keluarganya. Dalam pernikahan yang sudah berusia seperempat abad itu, mereka dikaruniai tiga orang anak. Ketiganya, dari yang paling tua, masing-masing bernama Jennifer Katharine, Rory John, dan Phoebe Adele.

Sejak hamil anak pertamanya, yaitu Jennifer, Melinda langsung memilih untuk jadi ibu rumah tanggga. Alasannya, ia tidak ingin anaknya dibesarkan oleh orang lain, hal yang disetujui oleh Bill. Pasangan tersebut ingin anak-anaknya memiliki nilai-nilai yang mereka pegang.




Sebagai salah satu 'perayaan' ulang tahun pernikahan keduanya, baik Bill maupun Melinda saling bertukar kicauan di Twitter. Melinda jadi yang pertama memberikan ucapan selamat.

"Selamat hari jadi, @/BillGates! 25 tahun dan tiga anak, kita masih tertawa keras," begitu cuitan Melinda.

"Selamat hari jadi, @/melindagates. Saya tidak sabar menghabiskan 25 tahun lagi untuk tertawa bersama," balas Bill.

Selamat merayakan 25 tahun pernikahan kalian, Bill dan Melinda!




(mon/krs)