Rabu, 02 Jan 2019 20:19 WIB

Teror ke Mobil Otonom Google, Dilempar Batu Sampai Ditodong Pistol

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto ilustrasi mobil otonom Google: istimewa Foto ilustrasi mobil otonom Google: istimewa
Jakarta - perusahaan induk Google, Alphabet, sudah dua tahun menguji coba mobil otonom lewat perusahaan Waymo. Uji coba ini sendiri berlangsung di kota Chandler yang berada di negara bagian Arizona, Amerika Serikat.

Yang menjadi masalah, masyarakat di kota tersebut rupanya tidak senang dengan kehadiran mobil otonom milik Waymo tersebut. Saking kesalnya bahkan ada yang sampai merusak mobil-mobil tersebut.

New York Times melaporkan, seperti dilansir detikINET dari Gizmodo, Rabu (2/1/2019), sudah terjadi 20 insiden perusakan terhadap mobil-mobil Waymo sejak tahun 2017. Bentuknya pun macam-macam, mulai dari mengempeskan ban hingga melempar batu ke arah mobil.




Lebih ngeri lagi, ada juga yang menodongkan senjata api dan sengaja berkendara ugal-ugalan supaya mobil otonom tersebut oleng ke pinggir jalan.

Tak hanya mobil otonom itu yang menjadi sasaran amarah masyarakat setempat, pengemudi cadangan yang berada di dalam mobil pun ikut kena getahnya. Mobil-mobil ini memang bisa berjalan secara otonom, tapi pengemudi cadangan tetap dibutuhkan selama uji coba untuk memastikan mobil tetap berkendara dengan aman.

Pengemudi cadangan mobil Waymo sering diteriaki di jalan dan mendapat ancaman serius. Bahkan, ada seseorang yang mengancam seorang pengemudi cadangan dengan menggunakan pipa PVC!

Waymo sendiri mengatakan bahwa keselamatan merupakan inti dari perusahaan mereka. Tapi mereka tetap menyebut bahwa masyarakat Arizona secara umum menyambut kehadiran mereka dengan hangat.




"Dalam dua tahun terakhir, kami merasa masyarakat Arizona sangat ramah dan tertarik dengan potensi teknologi ini untuk membuat jalanan kita menjadi lebih aman," tulis juru bicara Waymo dalam emailnya kepada Gizmodo.

"Kami percaya bahwa elemen kunci dari keterlibatan lokal adalah kerjasama kami dengan komunitas, termasuk penegak hukum Arizona dan responder pertama," sambungnya.

Arizona tidak hanya menjadi tempat uji coba otonom milik Waymo, tapi juga oleh Uber. Tahun lalu mobil otonom Uber yang berada di kota Tempe terlibat dalam kecelakaan yang membunuh seorang wanita. Mobil otonom milik Waymo juga pernah terlibat dalam beberapa kecelakaan lalu lintas. Ini tampaknya menumbuhkan rasa jengkel masyarakat setempat.



Simak juga video 'Aksi Teror Menodai Malam Tahun Baru di Inggris':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed