Jumat, 28 Des 2018 18:46 WIB

Liburan ke Luar Negeri, Pilih Roaming atau Beli Kartu Sim Lokal?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika liburan ke luar negeri. Salah satunya adalah penggunaan SIM card di negara yang dituju.

Hal ini perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada biaya total yang harus dikeluarkan untuk melakukan perjalanan tersebut. Terlebih lagi liburan ke luar negeri membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat pengeluaran ketika liburan ke luar negeri.

Membeli Sim Card Lokal
Biaya roaming yang harus Anda keluarkan jika sedang berplesir ke luar negeri tidaklah sedikit. Bagkan bisa dikatakan sangat mahal. Hal tersebut dapat merugikan Anda, bahkan rencana berplesir hemat ke luar negeri bisa gagal total.

Namun jika tidak menggunakan dan mengaktifkan kartu ponsel Anda, rasanya juga bukanlah pilihan yang tepat. Terlebih, di era modern sekarang ini, ponsel merupakan alat telekomunikasi yang sangat penting. Untuk menghindari roaming, Anda bisa membeli kartu sim card lokal di negara tujuan Anda. Dengan begitu Anda masih tetap bisa mengaktifkan ponsel Anda dengan biaya yang lebih murah.

Beli Paket Roaming Murah
Atau bila Anda kurang menikmati memakai sim card lokal, Anda juga dapat membeli paket international roaming Traveloka sebagai pilihan yang membuat Anda lebih nyaman tanpa perlu memakai sim card lokal.

Berburu Tiket Promo
Jika Anda memiliki rencana untuk plesiran hemat ke luar negeri, segeralah mencari informasi tiket penerbangangan. Tidak sulit untuk mendapatkan informasi tiket maskapai terkait, karena di era modern sekarang ini Anda bisa mengaksesnya melauli website ataupun aplikasi terkait liburan. Bandingkan harga dan kenyamanan antar maskapai.

Kemudian segera beli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Anda. Karena biasanya Anda akan mendapatkan tiket yang jauh lebih murah, atau bahkan Anda bisa mendapatkan tiket promo yang tentu saja dengan harga miring.

Segera Menukar Uang Saku Anda dengan Mata Uang Negara Tujuan
Saat tengah berplesir ke luar negeri, selain mental yang perlu Anda siakpkan juga adalah uang saku Anda selama berada di destinasi tujuan. Namun karena adanya perbedaan mata uang, maka Anda harus menukar rupiah Anda dengan mata uang negara tujuan. Meskipun harga kurs bisa berubah-ubah tiap harinya, tetap perubahan yang dihasilkan cenderung harga kurs yang naik.

Akan lebih baik jika Anda menukarnya sesegera mungkin sebelum harga kurs semakin naik. Selain itu dengan cukup waktu, Anda bisa membandingkan harga tukar uang dari satu money changer dengan yang lainnya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penawaran harga nilai tukar yang terbaik.

Hindari Musim Liburan
Waktu yang tepat untuk berplesir memang pada saat musim liburan. Tetapi baiaya yang dikeluarkan saat sedang musim liburan bisa berkali lipat. Sehingga bagi Anda yang memiliki rencana untuk plesir hemat ke luar negeri, ada baiknya untuk mengecek tanggalan apakah di negara tujuan maupun di Indonesia tengah sedang bergulir musim liburan.

Pasalnya, hal ini mempengaruhi harga tiket pulang-pergi Anda. Selain itu hal ini juga berpengaruh terhadap harga akomodasi seperti hotel di negara tujuan Anda yang biasa mematok harga tinggi saat tengah musim liburan atau high season.

Membayar Sesuai dengan Mata Uang Milik Negara Tujuan Anda
Akan lebih mudah jika mengunjungi negara-negara yang memiliki mata uang umum seperti dollar maupun poundsterling. Namun bagaimana jika Anda berkunjung ke negara yang mata uangnya bukanlah dollar ataupun poundsterling. Tips yang satu ini akan membuat Anda tidak mengeluarkan biaya yang lebih.

Terkadang jika Anda sedang mampir ke toko-toko untuk berbelanja, Anda akan ditawarkan untuk membayar dengan mata uang umum atau mata uang milik negara tersebut. Demi mempermudah transaksi dan praktis, biasanya wisatawan yang berasal dari negara bermata uang umum, akan membayar dengan dolar ataupun poundsterling. Namun alangkah baiknya jika Anda membayar dengan mata uang negara destinasi Anda tersebut. Karena dengan adanya kurs dan perbedaan nilai mata uang, bisa-bisa Anda mengeluarkan biaya yang lebih dari harga asli barang tersebut. (asj/asj)