Rabu, 19 Des 2018 10:44 WIB

Layanan M-Banking Pulih, Ini Penjelasan BCA

Saifan Zaking - detikInet
Foto: Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Sebagian nasabah BCA melaporkan tidak bisa mengakses layanan internet banking dan m-banking. Gangguan terjadi sejak Selasa (18/12) malam.

Direktur BCA Santoso Liem menjelaskan perihal gangguan tersebut. Ia mengatakan, BCA kemarin sedang melakukan maintenance dan akhirnya membuat sistem terganggu.

"Jadi ada beberapa data yang kita coba lakukan maintenance tapi rupanya malah mengganggu sistem secara keseluruhan," jelasnya, Rabu (19/12/2018).


Masalah tersebut merupakan kesalahan teknis pada sistem internet banking BCA. Maka dari itu, banyak nasabah yang tidak dapat mengakses layanan tersebut.

"Perbaikan maintenance kepada platformnya ada beberapa hal aspek teknis yang tim lihat dan mengakibatkan terganggunya sistem kita," tambahnya.

Santoso mengatakan kalau pemeliharaan sistem dilakukan pada jam 10 malam. Tambahnya, ketika pihaknya sedang melakukan pemeliharaan sistem, layanan BCA yang lain dapat beroperasi secara normal.

"Saya mendengar bahwa jam 10 kami melakukan maintenance kepada IT kami, biasanya ketika kami melakukan maintenance, sistem tetep jalan," katanya.



Saat tulisan ini diturunkan, layanan mobile banking dan internet banking BCA sudah pulih. Sejumlah nasabah pun melaporkan mereka sudah bisa mengakses layanan tersebut tanpa kendala. (rns/rns)