Selasa, 18 Des 2018 21:00 WIB

Tips Main Tik Tok dengan Aman dan Nyaman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Aplikasi Tik Tok. Foto: Shutterstock Aplikasi Tik Tok. Foto: Shutterstock
Jakarta - Sama seperti media sosial lainnya, Tik Tok juga rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab. Mulai dari potensi akun diretas, penyebaran konten negatif, hingga cyber bullying.

Mengenai hal itu, Tik Tok sendiri mengaku telah memiliki beberapa kebijakan untuk menjamin keamanan akun dan konten di platformnya. Kendati demikian, pengguna juga harus lebih pro aktif untuk menjaga keamanan akunnya sendiri.




Untuk itu, beberapa tips berikut yang dibagikan oleh Tik Tok untuk penggunanya, bisa menjadi cara menggunakan aplikasinya dengan aman dan nyaman, yaitu:

1. Pilih nama akun yang tidak mudah ditebak

Gunakan nama akun yang tidak dapat digunakan untuk mengenali kalian dengan mudah. Selain itu, jangan gunakan informasi pribadi seperti email, tanggal lahir atau alamat di nama akun kalian.

Selain di nama akun, informasi tersebut juga jangan disebarkan lewat bio, caption video atau komentar. Hal ini perlu untuk mencegah informasi pribadi kalian disalah gunakan oleh orang jahat.

2. Gunakan password yang kuat

Jangan gunakan password yang telah sebelumnya kalian gunakan di platform lain. Password kalian juga harus kompleks dan terdiri dari delapan karakter atau lebih.

Untuk lebih aman, ganti password kalian tiap tiga bulan. Yang paling penting jangan tulis password kalian di kertas, apalagi diberitahu ke orang lain.

3. Jangan hiraukan pengaturan privasi

Jangan lupa sesuaikan pengaturan privasi sesuai preferensi kalian. Terutama jika kalian ingin membatasi siapa saja yang bisa berinteraksi dengan kalian di Tik Tok.

Foto: Istimewa


4. Hati-hati dengan apa yang kalian posting

Saat ini orang dapat dengan mudah mengenali sebuah lokasi berdasarkan latar belakang video. Jadi kalian harus lebih berhati-hati dalam membuat konten yang menampilkan latar belakang atau hal lain yang mudah dikenali.

Selain itu, jangan sembarangan menampilkan orang lain dalam video. Karena kalian bisa saja melanggar privasi mereka.

5. Hati-hati saat mengirimkan pesan langsung

Kalian bisa memilih ingin berkirim pesan dengan siapa saja. Jika ada pengguna lain yang mengirimkan pesan yang tidak baik, jangan segan-segan untuk memblok dan melaporkan mereka.

Selain itu, jangan bagikan informasi pribadi lewat pesan langsung kepada orang yang tidak dikenal.

6. Laporkan konten dan tindakan yang tidak baik

Jika melihat konten dan tindakan yang melanggar Panduan Komunitas Tik Tok, jangan ragu-ragu untuk melaporkannya. Tim moderasi konten Tik Tok pun akan langsung meninjau dan menindak konten negatif tersebut.




7. Hati-hati terhadap hak cipta

Jangan hanya karena ingin cepat tenar di Tik Tok, kemudian kalian malah mencuri konten milik pengguna lain. Hampir seluruh konten di internet memiliki hak cipta, jika kalian posting ulang sebuah konten tanpa izin pemilik hak cipta, kalian dianggap melakukan pelanggaran.

8. Waspada terhadap akun dan konten palsu

Jika melihat konten yang tidak jelas dan terlihat membingungkan di Tik Tok, jangan ragu-ragu untuk langsung melaporkannya. Selain itu, kalau kalian ragu terhadap keaslian konten jangan langsung disebarkan.

9. Hubungi tim TikTok jika butuh bantuan

Jika kalian membutuhkan bantuan misalnya jika akun kalian dipalsukan, mengalami cyber bullying, atau menemukan konten negatif, jangan ragu-ragu untuk menghubungi tim Tik Tok.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed