Selasa, 18 Des 2018 16:37 WIB

Tik Tok Rilis Pusat Keamanan, Buat Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Suasana acara. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet Suasana acara. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet
Jakarta - Tik Tok berkomitmen untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Sadar bahwa mayoritas user adalah anak-anak dan remaja, Tik Tok pun meluncurkan Pusat Keamanan yang bisa menjadi acuan bagi pengguna dan orang tua.

"Kita memiliki satu misi, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para pengguna internet terutama di Tik Tok," ujar Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina, Donny Eryastha, saat acara peluncuran Pusat Keamanan Tik Tok di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Pusat Keamanan ini merupakan hasil kerjasama Tik Tok dengan beberapa lembaga, seperti ECPAT Indonesia dan SiBerkreasi. Situs Pusat Keamanan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Kebijakan, Pengaturan, dan Pusat Informasi.




Bagian Kebijakan berisi panduan komunitas tentang konten apa yang boleh dan tidak boleh untuk diposting pengguna di Tik Tok. Mulai dari konten berbahaya, ujaran kebencian, hingga konten yang melanggar hak cipta intelektual.

"Ini adalah panduan bagi pengguna dan juga dasar bagi tim moderasi kami yang berbasis di Indonesia yang melakukan review terhadap konten yang dipost di Tik Tok beserta dengan teknologi artificial intelligence dan machine learning," jelas Donny.

Kemudian bagian Pengaturan merupakan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan pengguna untuk mengamankan akun dan konten pengguna, misalnya dengan membuat profil menjadi privat. Selain itu di pengaturan ini pengguna bisa mengatur bagaimana mereka berinteraksi dengan pengguna lain.




Bagian Pusat Informasi sendiri berisi informasi tambahan untuk orang tua. Selain itu, ada juga informasi tambahan tentang pihak dan mitra Tik Tok yang bisa dihubungi jika ada pengguna yang menemukan konten berbahaya.

Tik Tok sendiri telah menyesuaikan Pusat Keamanan ini dengan konteks dan norma di Indonesia. Untuk lebih mudah dipahami, Pusat Keamanan ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Bagi pengguna dan orang tua yang ingin tahu lebih banyak, bisa mengakses situs Pusat Keamanan TikTok di www.tiktok.com/id/safety.




(fyk/krs)