Selasa, 18 Des 2018 09:20 WIB

Kekayaan Zuckerberg Lenyap Rp 231 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Mark Zuckerberg. Foto: Facebook/Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg. Foto: Facebook/Mark Zuckerberg
Jakarta - Mark Zuckerberg diperkirakan bakal kehilangan harta kekayaan luar biasa besar tahun ini. Beragam skandal yang menerpa Facebook, media sosial ciptaannya, membuat harga saham tergerus yang berimbas pada perhitungan kekayaan Zuck.

Dikutip detikINET dari Telegraph, saat ini harta Zuck diestimasi USD 57 miliar. Memang masih luar biasa kaya, nomor 6 di dunia. Tapi pada awal tahun ini, kekayaan Zuck berjumlah USD 73 miliar. Bahkan pada pertengahan Juli, hartanya sempat menggelembung jadi USD 82 miliar.

Kala itu, dia menyalip investor tenar Warren Buffet sehingga menjadi manusia terkaya ketiga sejagat. Hanya kalah dari Jeff Bezos dan Bill Gates.



Akan tetap mulai bulan Juli dan berikutnya, harta Zuck terus merosot karena saham Facebook turun. Sekitar 98% kekayaan Zuck memang berasal dari kepemilikan sahamnya di Facebook.

Menurunnya harga saham Facebook tentu terkait deretan skandal yang menimpanya. Seperti kasus kebocoran data pribadi ke perusahaan Cambridge Analytica, maraknya hoax dan lain-lain.


Tonton video: Asus Zenbook Baru Terinspirasi dari Arloji Klasik
[Gambas:Video 20detik]


Bahkan Zuck didesak mundur dari posisi Chairman Facebook oleh beberapa investor. Akan tetapi Zuck memastikan tidak akan mengabulkan tuntutan tersebut.

Mengawali tahun dengan harta USD 73 miliar dan kini 'tinggal' USD 57 miliar, maka kekayaan Zuck sudah berkurang sekitar USD 16 miliar. Kalau dirupiahkan di kisaran Rp 231 triliun!

(fyk/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed