Sabtu, 15 Des 2018 20:41 WIB

Fakta Menarik Aktivitas Belanja Saat Harbolnas

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Hari Belanja Online Nasional 12 Desember (Harbolnas 12.12) telah berlalu. Berikut sebuah data kecenderungan masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas belanja pada momen tersebut.

Menurut data historikal Shopback, platform agregator dan cashback e-Commerce, transaksi terbanyak terjadi pada pukul 10.00 pagi hingga 12.00 siang. Selain itu, pukul 12.00 malam hingga 1.00 dini hari pun jadi waktu berburu belanja online bagi masyarakat. Semua itu tak lepas dari promo dan program flash sale dari mitra e-Commerce Shopback yang berlangsung di jam-jam tersebut.

Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, animo masyarakat dalam mengikuti Harbolnas cukup tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah order dan transaksi yang terjadi di platform ShopBack meningkat tajam pada 12 Desember 2018.




"Pada periode pesta belanja online berlangsung, seperti 9.9, 10.10 dan 11.11, rata-rata jumlah transaksi meningkat 2 kali lebih banyak dibanding rata-rata transaksi harian. Namun, di Harbolnas, jumlah transaksi Shopback meningkat hingga tiga kali lipat, jumlah transaksi terbesar sepanjang tahun ini," tuturnya dalam siaran pers, Sabtu (15/12/2018).

Tahun ini Shopback mengklaim membukukan transaksi tertinggi sepanjang Harbolnas berlangsung. Jumlah transaksi meningkat tiga kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi harian, atau lima kali lebih tinggi dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Disebutkan bahwa kategori produk groceries menduduki peringkat pertama produk yang paling banyak dipesan di platform Shopback, diikuti produk handphone dan gadget, produk ibu & anak, produk kesehatan kecantikan, dan produk fesyen.

Sementara itu Shopee, Tokopedia, dan JD.id menjadi tiga platform e-commerce teratas yang paling banyak dikunjungi pengguna saat periode Harbolnas 2018.


(krs/krs)