Kamis, 13 Des 2018 18:20 WIB

Robot Canggih di Rusia Ternyata Tipuan, di Dalamnya Ada Orang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Robot Boris berbicara. Foto: BBC Robot Boris berbicara. Foto: BBC
Moskow - Robot Boris, demikian namanya, terlihat sangat canggih. Si robot tampil dalam sebuah acara pertunjukan robot yang disponsori negara dan disiarkan televisi milik pemerintah Rusia, Rusia-24.

Para pelajar yang jadi penonton ajang bertajuk Forum Teknologi Proyektoria di kota Yaroslavl berdecak kagum karena Boris bisa bicara, berjalan, bahkan menari. "Robot Boris bisa belajar menari dan dia tidak begitu buruk," demikian siaran Russia-24.

"Mungkin saja ada dari para mahasiswa bisa mendedikasikan dirinya pada robotika. Terkhusus di forum ini di mana mereka punya kesempatan untuk melihat robot paling modern," tambah presenter Russia-24.




Tapi tak sedikit yang ragu soal keasilan si robot. Soalnya kadang Boris beberapa kali membuat gerakan tak penting saat menari. Juga sama sekali tidak terlihat sensor apapun serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya kalau Rusia membuat robot ini.

Akhirnya, dikutip detikINET dari Guardian, kecurigaan itu terbukti benar. Sebuah postingan di media sosial jelas memperlihatkan, ada orang di dalam robot itu, yang berarti cuma kostum.

Ternyata ada orang di dalam robot Boris. Foto: BBC

Usut punya usut, Boris sebenarnya hanyalah kostum bernama Alyosha the Robot buatan perusahaan bernama Show Robots. Karena memang bagus, harganya pun mahal, mencapai 3.000 poundsterling.

Foto yang menunjukkan ada orang di dalam robot tersebut dipublikasikan oleh MBKh Media, kantor berita yang didirikan seteru Vladimir Putin, yakni Mikhail Khodorkovsky.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed