Selasa, 11 Des 2018 19:00 WIB

Mau Jalan-jalan, Milenial Riset Pakai Facebook dan Instagram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Mencari inspirasi untuk liburan bisa lewat mana saja. Termasuk lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram, yang tak jarang berisikan foto-foto liburan teman atau Instagrammer.

Hal itu pula yang ternyata mendorong milenial untuk mencari inspirasi travel lewat medsos. Berdasarkan hasil riset Facebook dan perusahaan konsultan Accenture terhadap 947 responden berusia 18 tahun ke atas, 81% milenial di usia 18-34 tahun mendapatkan inspirasi destinasi wisata secara online.

"81% dari orang-orang yang mau travel itu mereka tahu produk lewat online. Artinya mereka tahu destinasi dan inspirasi itu online, dari Instagram, dari Facebook," jelas CSM Lead Facebook Indonesia Aldo Rambie saat acara Looking Back at 2018 di kantor Facebook Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).




Aldo melihat ada hal lain yang menarik dari temuan tersebut. Ia menyebut bahwa 65% dari milenial yang mencari inspirasi liburan secara online itu melakukannya lewat perangkat mobile.

"Mereka 2,4 kali cenderung untuk menggunakan mobile device untuk mencari inspirasi travel. Sama halnya juga kalau kita menggunakan Instagram," jelas Aldo.

WhatsApp, yang juga merupakan keluarga aplikasi di bawah Facebook, juga menjadi jalur riset milenial yang ingin jalan-jalan. 69% milenial menggunakan WhatsApp untuk mendiskusikan liburan dengan teman dan keluarga mereka.




Aldo pun meyimpulkan jika penggunaan ketiga aplikasi ini digabungkan, maka aplikasi di bawah keluarga Facebook menjadi kanal online yang paling banyak digunakan untuk mencari inspirasi liburan.

"Kalau di-combine, itu menjadi top online channel yang digunakan untuk travel 73% dari total responden," pungkas Aldo. (vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed