Selasa, 11 Des 2018 16:25 WIB

Jokowi vs Prabowo di Pemilu 2019, Bagaimana Posisi Facebook?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Salah satu komitmen Facebook dalam Pemilu 2019 adalah menjaga netralitas. (Foto: Reuters) Salah satu komitmen Facebook dalam Pemilu 2019 adalah menjaga netralitas. (Foto: Reuters)
Jakarta - Facebook menjadi salah satu pihak yang ikut sibuk saat periode menjelang pemilihan umum tahun depan (Pemilu 2019). Tidak hanya untuk mencegah penyebaran hoax atau berita palsu terkait pemilu, tapi juga memastikan transparansi iklan politik di platformnya.

Facebook sendiri telah menerbitkan panduan bagi politisi dan partai politik untuk berkomunikasi dengan lebih baik dengan masyarakat lewat platformnya. Tak cuma itu Facebook juga memastikan bakal memberi dukungan yang sama bagi semua pihak, baik itu kubu Joko Widodo maupun Prabowo Subianto.

"Secara umum di seluruh dunia, bagaimana kita ikut serta di pemilu adalah ketika kita berkomunikasi atau salah satu pihak mengajak kita, kita memastikan kedua belah pihak memiliki dukungan yang sama," jelas Politics and Government Outreach Facebook APAC Roy Tan, dalam acara Looking Back at 2018 di kantor Facebook Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).




Tan menekankan bahwa jika Facebook didekati oleh salah satu pihak yang menginginkan dukungan pihaknya saat kampanye, Facebook pun bakal mendekati pihak yang lain. Hal ini ditujukan untuk memastikan netralitas Facebook saat pemilu.

Tan juga menyebut bahwa saat ini pihaknya belum memulai pembicaraan dengan partai politik di Indonesia terkait periode pemilu. Tapi saat ini Facebook telah memulai pembicaraan tahap awal dengan kedua calon presiden yakni Jokowi dan Prabowo.

"Saat ini jika kalian bicara soal kampanye, kita berbicara dengan dua pihak tapi kami belum berbicara lebih jauh dengan kedua belah pihak. Belum melakukan pelatihan atau pembicaraan lebih jauh, baru sekedar pembicaraan tahap awal," tuturnya.

Tonton video 'Partisipasi Facebook Jelang Pemilu di Indonesia':

(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed