Rabu, 05 Des 2018 12:33 WIB

Kursi Roda Ini Bisa Dikontrol Pakai Ekspresi Wajah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot YouTube Foto: Screenshot YouTube
Jakarta - Biasanya kursi roda digerakkan penggunanya menggunakan tangan, yaitu dengan memutar rodanya, atau bisa juga didorong oleh orang lain. Namun ada kursi roda yang bisa dikontrol menggunakan ekspresi wajah penggunanya.

Kursi roda ini adalah hasil kerja sama Intel dengan sebuah perusahaan asal Brazil bernama Hoobox Robotics, yang memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk mengontrol kursi roda tersebut.

Sistem ini bernama Wheelie 7, yaitu sebuah perangkat yang mengandalkan AI di mana penggunanya bisa mengontrol kursi roda menggunakan ekspresi wajah. Namun sebelum memakainya, pengguna harus menentukan jenis-jenis ekspresi wajah yang mau dipakai untuk mengontrol kursi roda tersebut.

Di sinilah peran AI dipakai, yaitu menggunakan algoritma tertentu untuk memproses data secara real time untuk mengarahkan gerakan dari kursi roda, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (5/12/2018).

Ekspresi wajah penggunanya sendiri akan direkam menggunakan 3D RealSense Depth Camera bikinan Intel, yang akan dipasang di depan kursi roda. Kamera ini disebut bisa mengenali ekspresi wajah baik dalam kondisi sangat terang, ataupun kondisi gelap. Sejauh ini Wheelie 7 sudah diuji oleh lebih dari 60 orang di Amerika Serikat.

"Wheelie 7 adalah produk pertama yang menggunakan ekspresi wajah untuk mengontrol kursi roda. Ini membutuhkan akurasi dan presisi yang sangat tinggi, dan ini tak mungkin terjadi tanpa teknologi Intel," ujar Dr. Paulo Pinheiro, co founder dan CEO Hoobox Robotics.

[Gambas:Youtube]

(asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed