Selasa, 04 Des 2018 19:41 WIB

Cari Lowongan Kerja? Tanya Mbah Google Aja!

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Bagi kamu yang sedang mencari kerja, tidak perlu membuka situs lowongan dari satu ke lainnya. Cukup tanyakan saja ke Mbah Google.

Ya, Google baru saja menambah kemampuan fitur pencariannya. Kini, cukup memasukkan kata kunci 'Lowongan Pekerjaan', seketika akan menampilkan informasi lowongan kerja dari seluruh web.

Tidak sampai di situ, Google kemudian menggolongkan ke dalam kriteria, mulai dari jenis pekerjaan, industri dan kota. Para pengguna pun diberikan tombol yang membawa mereka langsung ke halaman pendaftaran dan bisa mendapatkan notifikasi mengenai lowongan pekerjaan yang relevan.




"Kami mengorganisasikan informasi yang berguna. Sejauh ini telah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara," ujar Kentaro Tokusei, Product Management Director Google Search saat acara Google for Indonesia di Jakarta, (4/12/2018).

Tidak hanya pencarian lowongan kerja yang diberikan mesin pencarian Google, mereka pun meningkatkan konten berbahasa Indonesia.

"Saat ini 50% konten di internet berbahasa Inggris, sementara yang berbahasa Indonesia hanya kurang dari 1%. Untuk itu kami coba memperbanyak konten berbahasa Indonesia," ujar Ken.


Tonton video: Kini Bisa Pesan Ojek Online Pakai Google Assistant

[Gambas:Video 20detik]



Google menggandeng Wikipedia menciptakan cara baru agar konten berbahasa Inggris dapat diakses pengguna di Indonesia. Memanfaatkan kecerdasaan buatan (AI) akan mengidentifikasi artikel Wikipedia berbahasa Inggris yang relevan, lalu menerjemahkan ke bahasa Indonesia.



"Kami menggunakan sistem neural machine translation yang diberdayakan AI, dan memunculkan artikelnya di Google Search," pungkas Ken. (asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed