Senin, 03 Des 2018 12:01 WIB

Prediksi Kejahatan Pakai AI, Film 'Minority Report' Jadi Nyata?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Tom Cruise di film Minority Report. (Foto: Istimewa) Ilustrasi Tom Cruise di film Minority Report. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Tom Cruise pernah membintangi film Minority Report yang berkisah soal antisipasi dan prediksi kejahatan. Di Inggris, teknologi serupa sedang dicoba di dunia nyata.

Saat ini Kepolisian Inggris tengah mencoba teknologi baru untuk memprediksi kejahatan dan menangkalnya sebelum kejahatan itu terjadi. Caranya dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

Proyek baru ini akan memprediksi kemungkinan seseorang untuk menjadi korban atau akan melakukan kejahatan. Teknik ini diharapkan bisa mendeteksi potensi tindakan kriminal dan menangkalnya dengan memberikan konseling sebelum kejahatan itu terjadi.

Proyek yang bernama National Data Analytics Solution (NDAS) ini akan menarik data dari kepolisian lokal ataupun nasional sebagai bahan acuan. Saat ini mereka sudah mengambil data lebih dari 1 terabyte, termasuk catatan kejahatan dan 5 juta orang yang sudah teridentifikasi.

Sistemnya sendiri punya 1400 indikator yang bisa membantu menandai seseorang yang mungkin akan melakukan tindakan kejahatan. Salah satu indikator tersebut adalah jumlah kejahatan yang sudah pernah ia lakukan, juga jumlah kejahatan yang pernah dilakukan orang-orang di sekitarnya.


Orang-orang yang sudah ditandai dari database itu kemudian akan diberi skor untuk menandai seberapa besar kemungkinan mereka untuk melakukan tindakan kejahatan, demikian dikutip detikINET dari Gizmodo, Senin (3/12/2018).

Departemen Kepolisian West Midland disebut akan memulai pilot project ini pada akhir Maret 2019, dan diperkirakan akan mempunyai prototipe pada saat memulai proyeknya. Ada juga delapan departemen kepolisian lain yang ikut terlibat dalam proyek ini, dan nantinya diharapkan bisa diterapkan di seluruh departemen kepolisian di Inggris.

Ian Donnelly, bos dari proyek ini, menyebut pihaknya tak akan serta merta menangkap orang-orang dengan 'skor kejahatan' tinggi. Melainkan akan memberikan konseling terhadap orang-orang yang diduga akan melakukan tindakan kejahatan, meski hal ini juga mungkin akan bermasalah dari segi privasi orang-orang tersebut.

Teknologi yang tengah dikembangkan oleh NDAS ini sebelumnya pernah dikisahkan dalam film Minority Report yang tayang pada 2002 -- dan berdasarkan pada cerita pendek sains fiksi berjudul sama karangan Philip K. Dick.

Di film tersebut, yang berseting pada tahun 2054, ada unit kepolisian Washington DC, AS bernama PreCrime -- unit yang berfungsi untuk menghentikan aksi kejahatan sebelum kejahatan itu terjadi, dalam hal ini pembunuhan. Tingkat kesuksesan unit itu terbilang tinggi, dan membuat jumlah pembunuhan di kota tersebut menjadi nol.

Masuk di ranah film sains fiksi, apa yang hadir di dalam film tersebut tentu saja turut bernuansa dramatisasi. Tapi tak bisa ditepis bahwa plot dalam aksi Tom Cruise di fiilm Minority Report itu memiliki kesamaan dengan teknologi yang sedang dicoba di Inggris.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed