Senin, 03 Des 2018 10:01 WIB

Bagaimana Perbandingan Tarif Go-Jek dan Grab di Singapura?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi Go-Jek Foto: detikINET/Ari Saputra Ilustrasi Go-Jek Foto: detikINET/Ari Saputra
Jakarta - Go-Jek baru saja meluncurkan aplikasi betanya di Singapura Kamis (29/11) lalu. Bagaimana perbandingannya dengan Grab yang sudah lebih dulu eksis di sana?

Perbandingan itu muncul dalam sebuah postingan di Reddit yang dilansir Coconuts.co. Pengguna dengan nama akun u/plane_snake membandingkan tarif Go-Jek dan Grab di Singapura.



Berdasarkan perbandingan yang ia lakukan, tarif Go-Jek saat ini lebih murah dari Grab untuk tempat pick-up dan tujuan yang sama. Perbedaan harga itu dikarenakan diskon SGD 5 yang diberikan Go-Jek untuk dua perjalanan pertama. Jika diskon tersebut dihilangkan, tarif Go-Jek masih dua kali lebih murah dibandingkan Grab.

Akan tetapi, patut diingat kalau tarif Go-Jek ini belum mengikuti dynamic pricing, atau tarif yang naik ketika banyak permintaan di jam sibuk -- sebagaimana sudah dikatakan sendiri oleh Go-Jek. Tarif Go-Jek saat ini juga hanya akan berlaku selama beberapa minggu pertama dalam program beta ini.


Tonton video: Ekspansi ke Singapura, Go-Jek Pilih Tak Ganti Nama

[Gambas:Video 20detik]



Setelah promo berakhir, tarif dasar Go-Jek di Singapura akan menjadi SGD 2,70 dan 65 sen untuk setiap kilometer. Sedangkan tarif dasar Grab saat ini SGD 2,50 dan 50 sen untuk tiap kilometer, serta time charge sebesar 16 sen per menit.

Jadi jika pun saat ini tarif Go-Jek terlihat lebih murah daripada Grab di Singapura, Coconuts.co mencatat bahwa hal itu boleh jadi tidak akan berlangsung lama. Setelah itu tarif kedua layanan ride-hailing ini diprediksi akan jadi lebih ketat dan bersaing.

Layanan Go-Jek di Singapura sendiri masih terbatas di area tertentu. Selama masa uji coba beta, Go-Jek hanya bisa digunakan untuk perjalanan yang dimulai dan diakhiri di bagian timur dan pusat hingga selatan Singapura. Dalam masa uji coba beta ini, Go-Jek memberikan prioritas kepada pengguna layanan bank DBS untuk menjajal layanan mereka. Bagi pengguna lainnya juga bisa mendaftar terlebih dahulu untuk ditempatkan dalam daftar tunggu.





(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed