Minggu, 02 Des 2018 19:56 WIB

Aksi Pertama Bill Gates Kala Jadi Triliuner: Lunasi KPR

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Di tahun 1986, Microsoft berjualan perdana di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO). Hal itu membuat duet pendirinya, Bill Gates dan Paul Allen jadi kaya raya.

Dikutip detikINET dari CNBC, Gates yang saat itu CEO Microsoft, memiliki 45% saham dengan nilai USD 350 juta atau sekitar Rp 5 triliun.

Nah, hal pertama yang dilakukan Bill Gates muda dengan uangnya itu ternyata sangat bijaksana, yaitu langsung melunasi hutang KPR-nya yang berjumlah sekitar USD 150 ribu atau setara Rp 2,1 miliar dengan kurs USD 1 = 14.356.



"Hidup ini tak bisa diprediksi. Apa yang terjadi jika kalian dipecat atau muncul pengeluaran tak terduga? Cicilan yang bisa dikendalikan mendadak kacau," kata pakar keuangan, Kevon O'Leary yang memuji langkah Gates.

Saat itu, meski Gates begitu sukses, Microsoft memang belum sepenuhnya stabil. Dan sudah beranjak dewasa, Gates tampak lebih bijak ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Tindakan Pertama Bill Gates Kala Jadi Triliuner: Lunasi KPRFoto: Istimewa


Pada tahun 1979 kala Gates mulai menikmati cukup banyak uang dari Microsoft, ia memutuskan membeli sebuah mobil mewah, yakni Porsche 911.



"Aku membeli sesuatu yang agak menghambur-hamburkan uang. Mobil itu memang kubeli bekas, tapi tetap saja merupakan kendaraan luar biasa," ujar Gates dalam sebuah wawancara.

Gates tak membiarkan mobil itu teronggok begitu saja. Ia kadang ngebut di sekitar gurun New Mexico, dekat markas Microsoft kala itu. Bahkan, Gates sempat dipenjara pada 1979 karena melanggar batas kecepatan.

"Kadang pada malam hari aku pergi keluar dan mengemudi di sekitar dengan kecepatan tinggi. Beruntung, aku tak sampai mati karena melakukan hal seperti itu," sebut Gates, yang sekarang kekayaannya di kisaran USD 95 miliar itu. (agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed