Kamis, 29 Nov 2018 14:37 WIB

Taylor Swift Jadi Ratu Twitter 2018, Cuitannya Ngaruh Banget

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Taylor Swift si Ratu Twitter 2018 (Foto: Kevin Winter/Getty Images For dcp) Taylor Swift si Ratu Twitter 2018 (Foto: Kevin Winter/Getty Images For dcp)
Jakarta - Taylor Swift jadi Ratu Twitter 2018. Meski hanya beberapa kali ngetweet tahun ini, cuitannya itu ternyata sangat berpengaruh. Setidaknya demikian menurut hasil sebuah studi.

Riset tahunan yang dilakukan perusahaan analis media sosial Brandwatch menunjukkan bahwa penyanyi berambut pirang itu berhak jadi "Ratu Twitter" tahun 2018, dengan mengantongi skor 98. Itu merupakan poin tertinggi dan Taylor Swift pun didaulat jadi seleb paling berpengaruh tahun ini.

Seperti dikutip dari Cnet (29/11/2018), Brandwatch menjelaskan bahwa faktor penting untuk mengukur seberapa besar pengaruh seorang pengguna akun Twitter itu adalah banyaknya keterlibatan pengguna lain per satu kali tweet.




Banyaknya follower, retweet, maupun balasan pada tweet itu akan memengaruhi skor penilaian. Meski demikian, banyak pengguna Twitter yang masuk ke dalam peringkat ini tidak begitu aktif di Twitter.


Tonton video: Taylor Swift Jadi Ratu Twitter 2018
[Gambas:Video 20detik]
Buktinya, Taylor yang tahun sebelumnya tidak berada di urutan 10 besar pengguna Twitter paling berpengaruh, kini langsung berada di peringkat pertama tahun ini.

Sepanjang 2018, pelantun lagu Delicate tersebut tercatat hanya 13 kali nge-tweet (retweet atau membalas tweet pengguna lain tidak dihitung). Sama halnya dengan penyanyi asal Kanada Justin Bieber yang sudah 10 tahun terakhir masuk di peringkat 10 besar, namun terlihat tidak begitu aktif di Twitter.




Setelah Taylor, peringkat kedua disusul dengan salah satu personil boyband One Direction Liam Payne dengan skor 97. Berturut-turut di belakangnya ada Donald Trump, Katy Perry, Kim Kardashian, dan Demi Lovato dengan skor 96.

Hasil riset yang dilakukan Brandwatch dikelompokkan menjadi dua, pengguna wanita dan pengguna pria. Untuk melihat hasil lengkapnya bisa dilihat langsung di halaman Brandwatch.


(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed