Rabu, 28 Nov 2018 16:41 WIB

d'Youthizen Goes to Campus

Kisah Brian 'Sheila on 7' dan Hendy 'Gigi' Jadi YouTuber

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Brian Sheila On 7 dan Hendy Gigi. Foto: Grandyos Zafna Brian Sheila On 7 dan Hendy Gigi. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Perkembangan dunia digital saat ini menggiring personel dari dua band kenamaan Tanah Air untuk ikut merambah ke bidang lain. Musik masih menjadi topik utamanya, walaupun dengan media dan pendekatan yang berbeda.

Adalah Brian "Sheila on 7" dan Hendy "Gigi", musisi yang kini nyambi jadi YouTuber. Mereka berdua melahirkan channel bernama Music Journey Indonesia. Menurut Brian, YouTube dipilih karena platform tersebut paling bersahabat dengan semua orang.

"Awalnya saya sama Brian melihat Indonesia itu kekurangan arsip dalam artian data mengenai musisi Indonesia. Musisi-musisi yang lama itu mungkin sudah hilang datanya," ujar Hendy dalam acara d'Youthizen Goes to Campus bareng Honor di Auditorium Program Vokasi Universitas Indonesia, Rabu (28/11/2018).




"Banyak yang melihat kesuksesan seseorang itu ketika sudah berada di atas. Padahal, banyak perjalanan di baliknya. Misalnya perjalanan Titiek Puspa, Erwin Gutawa, dan lainnya," katanya menambahkan saat menghadiri acara hasil dari kolaborasi detikcom dan Program Vokasi Universitas Indonesia dengan disponsori oleh Honor tersebut.

Untuk keduanya, saat ini mereka menempatkan pioritas kepada para musisi senior. Menurut Brian, mereka berpacu dengan usia musisi bersangkutan.

Salah satu contohnya ketika mereka sudah menjadwalkan untuk wawancara Yon Koeswoyo dari Koes Plus. Sayang, ajal musisi senior itu datang lebih dulu sebelum sempat melakukan interview dengan Brian dan Hendy.

"Musisi-musisi senior itu juga jarang didokumentasikan. Biasanya kisahnya hanya lewat cerita-cerita saja," ungkap Brian.




Selain musisi, Hendy mengatakan proyek ini juga ingin mengangkat kisah seluruh orang di industri musik. Sound engineer, pencari bakat, hingga promotor jadi beberapa sosok yang juga ingin ia umbar kisahnya.

"Kita ingin menyebarkan inspirasi dari industri musik Indonesia kepada khalayak luas, terutama para generasi digital. Kita ingin ajak semua generasi digital untuk mendokumentasikan apa saja di sekitar lingkungan kita," ujar Brian.

"Saya dan Hendy coba capture dunia musik. Harapannya bermanfaat di masa depan," pungkasnya.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed