Senin, 26 Nov 2018 09:14 WIB

Siap-siap, Halaman Profil Instagram Bakal Dipermak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Profil Instagram bakal dipermak. Foto: Instagram Profil Instagram bakal dipermak. Foto: Instagram
Jakarta - Instagram belakangan ini sedang gencar merombak platform-nya. Kali ini yang menjadi target adalah halaman profil pengguna.

Pembaruan ini memang tidak terlihat begitu dramatis dibandingkan dengan pembaruan terhadap tab Explore atau feed yang mengikuti algoritma. Tapi Instagram menyebut bahwa perubahan tersebut akan membuat profil lebih mudah digunakan.

"Kami telah mengerjakan perubahan ini dan akan menguji coba dalam beberapa fase dan kombinasi yang berbeda dengan komunitas kami dalam beberapa minggu ke depan," tulis Instagram dalam blog-nya, dikutip detikINET dari Mashable, Senin (26/11/2018).



"Dalam beberapa minggu ke depan, kalian mungkin melihat fitur-fitur yang diatur ulang di bagian atas profil kalian termasuk perubahan terhadap ikon, tombol dan cara kalian bernavigasi di antara tab, yang kami harap akan membuat profil lebih mudah dan lebih mulus untuk digunakan," sambungnya.

Dalam blog post-nya, Instagram mengatakan grid yang menampilkan foto dan video kalian tidak akan berubah. Tapi ikon-ikon yang berada di atas gird tersebut akan diganti dengan kata menjadi grid, posts, IGTV, dan tagged.


Tonton video: Melihat Bocoran Tampilan Baru Halaman Profil Instagram

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, foto profil kalian juga akan berpindah ke sudut kanan atas. USername dan bio juga akan berpindah ke atas, sejajar dengan foto profil.

Sepertinya, jumlah follower dan following juga tidak akan terlihat menonjol seperti sebelumnya. Jumlah postingan pengguna juga tidak akan lagi diperlihatkan.



Tombol 'Follow' juga akan menjadi lebih kecil, serta ditemani dengan tombol 'Message' di sampingnya. Bahkan untuk profil bisnis akan ada lebih banyak opsi, seperti 'Start Order' dan 'Email'.

Ini merupakan salah satu dari beberapa pembaruan minor yang dilakukan Instagram sejak pimpinan diambil alih oleh Adam Mosseri awal bulan Oktober. Dalam dua bulan terakhir, Instagram telah merilis fitur Your Activity yang melacak penggunaan harian pengguna, beberapa fitur belanja, dan 'nametag' yang mirip dengan Snap Code milik Snapchat. (vim/fyk)