Rabu, 21 Nov 2018 20:07 WIB

#SNF2018, Ajang Menjadi Netizen yang Menginspirasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Para pelaku media sosial (medsos) akan berkumpul dalam satu tempat. Tujuannya, menggaungkan diri menjadi netizen yang bisa menginspirasi di tengah maraknya peredaran konten negatif di internet.

Acara yang dimaksud adalah Siberkreasi Netizen Fair 2018 (#SNF2018) yang digelar pada 23-24 November di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta. Diketahui, #SNF2018 adalah puncak tahunan para penggiat literasi digital yang digagas oleh Siberkreasi yang terdiri dari 92 lembaga, institusi, dan komunitas.

Sejumlah figur publik, tokoh pemerintah, pakar/praktisi internet, media sosial, influencer, dan netizen pada umumnya akan dapat saling memberikan aspirasi dan inspirasi, guna meningkatkan penetrasi literasi digital di Tanah Air.




"Kita memang mendorong Sibekreasi ini jadi hub semua kelembagaan yang peduli terhadap literasi digital. Kita pahami bahwa saat ini banyak anak muda yang tidak mengetahui konsekuensi ketika menggunakan digital, oleh sebab itu bagaimana literasi ini sampai, tentunya dengan menggunakan bahasa milenial," ujar Dewan Pengurus Siberkreasi Yuliandre Darwis di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2018, tercatat total ada lebih dari 143 juta pengguna internet di Indonesia, di mana sekitar 66% dari angka tersebut adalah generasi milenial atau mereka yang usianya berada di bawah 35 tahun.

Literasi digital menjadi perhatian serius bagi multistakeholder dalam mengatasi dampak maraknya perilaku maupun konten negatif di dunia maya. Mengingat di sisi lain, Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital paling disegani di kawasan Asia Tenggara.




"Siberkreasi Netizen Fair 2018 merupakan ajang kolaborasi sekaligus pembuktian tentang kerja Bersama multistakeholder menggiatkan literasi digital. Netizen kita, pada khususnya, dan masyarakat, pada umumnya, perlu kita ajak dan damping untuk menggunakan internet secara positif, kreatif, dan produktif," tutur Dewan Pengurus Siberkreasi Mira Sahid di kesempatan yang sama.

Di #SNF2018 nanti, tak kurang dari delapan talkshow inspiratif akan digelar. Kemudian, ada 21 kelas lokakarya edukatif, dan 70 booth interkatif yang mengusung tema besar 'Make Social Media Fun Again!'.

#SNF2018, Ajang Menjadi Netizen yang MenginspirasiFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Dengan menggratiskan acara tersebut alias masyarakat dapat mengikutinya secara cuma-cuma, Siberkreasi menargetkan dapat meraup 5.000 pengunjung setiap harinya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed