Selasa, 20 Nov 2018 19:38 WIB

Pengumuman, Instagram Mau Hapus Like dan Follower Palsu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Media sosial kini semakin giat memberantas interaksi yang tidak otentik di platform-nya. Kini giliran Instagram yang ingin bersih-bersih.

Dilansir detiKINET dari The Verge, Selasa (20/11/2018), Instagram baru saja mengumumkan mereka akan menghapus like, follow, dan komentar palsu dari platform-nya.

Yang dimaksud palsu disini adalah like, follow, dan komentar yang didapatkan pengguna dari layanan pihak ketiga untuk terlihat lebih populer. Instagram sendiri beralasan penghapusan ini dikarenakan hal-hal tersebut melanggar aturan penggunaannya.

Instagram menambahkan bahwa mereka telah membuat alat moderasi yang ditenagai machine learning untuk mengidentifikasi akun mana yang menggunakan layanan pihak ketiga ini.



Akun yang ketahuan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menaikkan popularitasnya akan mendapatkan notifikasi dari Instagram bahwa like palsu mereka telah dihapus. Mereka juga akan diminta untuk mengubah password untuk mencegah aplikasi pihak ketiga tersebut mengusik keamanan akun tersebut.

Walaupun sebelumnya Instagram telah menghapus akun palsu di platform-nya, mereka baru kali ini menindak like palsu. Berdasarkan keterangan resmi Instagram, mereka juga akan menindak aktivitas tidak otentik lainnya dalam beberapa minggu ke depan.

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed