Senin, 19 Nov 2018 13:11 WIB

Penjelasan CEO Apple Terima Duit Miliaran dari Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Tim Cook. Foto: twitter @tim_cook Tim Cook. Foto: twitter @tim_cook
Jakarta - CEO Apple Tim Cook merupakan salah satu pihak yang vokal dalam mengkritik praktik perusahaan teknologi dalam menangani privasi dan data milik penggunanya.

Perusahaan seperti Google dan Facebook pun sering menjadi target kritik oleh Cook, tapi Apple tetap bekerjasama dengan kedua perusahaan tersebut. Contohnya, Apple saat ini menerima miliaran dolar dari Google agar mesin pencari milik Google dapat menjadi layanan default di browser Safari.



Dalam wawancara dengan Axios, Cook pun menjelaskan mengapa perusahaannya tetap menerima uang dari Google walaupun sikap perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai tersebut terhadap privasi tidak searah dengan Apple.

"Menurut saya mesin pencari mereka yang paling bagus," kata Cook seperti dikutip detikINET dari CNBC, Senin (19/11/2018).

Cook pun menambahkan bahwa Apple telah menambahkan fungsi kontrol di Safari untuk mencegah perusahaan seperti Google untuk melihat browsing history dan mengumpulkan data milik pengguna.

"Kita memiliki web browsing privat. Kita memiliki pencegah pelacak yang pintar. Yang kami coba lakukan adalah menemukan cara untuk membantu pengguna kami sepanjang hari," jelas Cook.

"Ini bukan hal yang sempurna. Saya akan menjadi orang pertama yang mengatakan itu. Tapi itu sangat membantu," pungkasnya.



Cook sendiri dalam pidatonya bulan lalu mengkritik praktek pengumpulan data oleh perusahaan teknologi dan menyebutnya sebagai tindakan pengintaian.

"Kita seharusnya tidak menutupi konsekuensinya. Ini adalah pengintaian. Dan pengumpulan data pribadi ini hanya berfungsi untuk memperkaya perusahaan yang mengumpulkannya," ucap Cook pada waktu itu.




Tonton juga 'Bos Google Sebut Pentingnya Machine Learning, Apa Itu?':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed