Sabtu, 17 Nov 2018 18:37 WIB

Paten Terbaru Facebook Bisa Lebih Serius Ancam Privasi

Rachmatunnisa - detikInet
Foto ilustrasi: Reuters Foto ilustrasi: Reuters
Jakarta - Aplikasi paten yang terungkap baru-baru ini memberikan gambaran bahwa bocornya data pribadi Facebook ke pihak ketiga seperti Cambridge Analytica nyatanya belum seberapa. Nyatanya, ada ancaman privasi yang bisa lebih serius mengintai pengguna Facebook.

Facebook diketahui mendaftarkan paten yang mengeksplorasi setiap detail informasi mengenai pengguna berdasarkan foto yang mereka upload, termasuk foto di Instagram. Tujuannya tentu saja untuk menarget iklan.

Dikutip detikINET dari Gizmodo, Sabtu (17/11/2018), aplikasi paten ini didaftarkan pada Mei 2017, namun baru dipublikasikan pada pekan ini.




Di dalamnya, Facebook merinci sistem untuk saling silang referensi dengan data lain, termasuk alamat IP, hashtag, seberapa sering seseorang muncul dalam foto dan komentar, untuk memberikan gambaran seperti apa kalian, orang-orang terdekat kalian, dan demografi yang terbentuk.

Pengajuan paten ini juga mengindikasikan Facebook bisa menganalisa apapun dari foto lama hingga update status, dari pesan instant hingga browsing web informasi terkait.




Facebook bahkan sebenarnya tak perlu foto kalian untuk mengorek informasi. Misalnya, sepupu kalian memposting sebuah foto makan malam Thanksgiving dengan caption 'Thankful for my #family'. Data ini saja cukup bagi Facebook untuk mendapatkan informasi bagaimana keluarga kalian. Ini akan menjadikan kita sasaran empuk iklan musim belanja Black Friday atau Cyber Monday.

Apakah paten ini akhirnya dikabulkan dan digunakan Facebook? Raksasa jejaring sosial tersebut mencoba meredakan kekhawatiran pengguna dengan meresponsnya secara diplomatis.

"Sebuah paten belum tentu merupakan indikasi rencana masa depan perusahaan. Untuk saat ini kami juga tidak akan mengomentari cakupan spesifik paten dan alasan kami mengajukannya," sebut Facebook.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed