Rabu, 14 Nov 2018 19:13 WIB

InnoCreativation

Tiap Hari Google Pakai Hacker untuk Coba Bobol Data Center, Kenapa?

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi Google (Foto: Gettyimages) Ilustrasi Google (Foto: Gettyimages)
Surabaya - Keamanan data ikut menjadi perhatian peserta InnoCreativation terkait pengaplikasian machine learning. Lantas bagaimana Google menjawab kekhawatiran tersebut?

South East Asia Head of Customer Engineering Google Anish Malhotra memastikan bahwa keamanan menjadi fokus utama pihaknya. Google pun berani menjamin data penggunanya tidak bocor.

"Keamanan sangat penting bagi Google. Kami bahkan mempekerjakan hacker untuk mencoba bobol data center tiap harinya," kata Anish di acara InnoCreativation yang digelar di Surabaya.




Google pun melakukan enkripsi pada data yang tersimpan di tempatnya, sehingga data tersebut tidak dapat terbaca oleh siapapun.

"Meski saya tahu data center di mana sekalipun, saya tidak akan bisa mengakses data. Karena enkripsi berubah setiap waktu," tegas Anish.

Masih di acara yang sama, Anish juga menjelaskan tentang machine learning. Meski terdengar asing di sebagian kalangan, tanpa disadari sebenarnya teknologi ini tidak jauh-jauh dari kehidupan kita.

Anish mengatakan, banyak orang sebenarnya telah mengadopsi teknologi tersebut tanpa menyadarinya. Mulai dari email sampai pencarian foto di internet sebenarnya menggunakan machine learning.

"Respons email sekarang lebih cepat 12%. Hasil penerjemahan di Google Translate makin akurat. Mencari foto di Google Photos makin cepat," ungkap Anish.

Pria asal India ini juga menyebutkan bahwa banyak perusahaan sekarang telah menggunakan machine learning untuk meningkatkan layanan ke konsumen. Ia mencontohknan sebuah perusahaan bernama Ocado, yang menggunakan machine learning untuk mengelola keluhan pelanggan. Responsnya pun jadi jauh lebih cepat.




"Air Asia pun menggunakan machine learning agar konsumennya terus menggunakan layanan mereka. Jadi beberapa tahun ke depan, machine learning akan makin punya peran penting," kata Anish.


(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed