Senin, 12 Nov 2018 10:04 WIB

Google Ikut Rayakan Hari Ayah Nasional

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Doodle warna-warni ini jadi cara Google untuk memeringati Hari Ayah di Indonesia. Foto: Google Doodle warna-warni ini jadi cara Google untuk memeringati Hari Ayah di Indonesia. Foto: Google
Jakarta - Hari ini, 12 November, bertepatan dengan Hari Ayah Nasional, atau bisa juga disebut sebagai Hari Ayah saja. Momen tersebut pun diwarnai dengan munculnya doodle khusus pada mesin pencari Google.

Perusahaan yang berbasis di Montain View, California, Amerika Serikat tersebut memang kerap menciptakan gambar-gambar tertentu untuk mengganti logo mereka sendiri dalam memeringati hari-hari spesial. Hari Ayah ini pun tak lepas jadi salah satunya.


Kali ini, Google Doodle memperlihatkan enam buah telapak tangan berwarna-warni, yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Bukan telapak tangan biasa, bentuknya menyerupai seekor dinosaurus jenis sauropoda yang berleher panjang.

Selain itu, daftar pencarian di Google Trends pun menunjukkan "Hari Ayah" sebagai kata kunci paling banyak dimasukkan hari ini. Lebih dari 200 ribu pencarian digunakan lewat dua kata tersebut.

Selain itu, pencarian menggunakan "Hari Ayah 2018" dan "hari ayah pada tanggal" juga cukup banyak dilakukan. Jika dimasukkan, biasanya yang muncul adalah ucapan-ucapan untuk sosok orang tua laki-laki itu.


Indonesia sendiri menjadi satu-satunya negara di dunia yang merayakan Hari Ayah pada 12 November. Selain itu, Hari Ayah di Indonesia juga berbarengan dengan Hari Kesehatan Nasional.

Sekadar informasi, momen ini memiliki tanggal berbeda-beda di sejumlah wilayah. Yang paling jamak adalah pekan ketiga pada Juni. Negara-negara seperi Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia memeringati Hari Ayah pada kisaran waktu tersebut.




Tonton juga 'Buat Selfie Jadi Emoji Lucu di Aplikasi Chat dengan Gboard':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)