Jumat, 09 Nov 2018 16:25 WIB

Didemo Karyawan, Google Perbarui Kebijakan Kasus Pelecehan Seksual

Agus Tri Haryanto - detikInet
Usai didemo karyawan, Google memperbarui kebijakan perusahaan terkait kasus pelecehan dan kekerasan seksual (Foto: Reuters) Usai didemo karyawan, Google memperbarui kebijakan perusahaan terkait kasus pelecehan dan kekerasan seksual (Foto: Reuters)
Jakarta - Setelah didemo karyawannya sendiri, Google kini menyatakan bakal memperbarui kebijakan perusahaan terkait kasus pelecehan maupun kekerasan seksual.

Karyawan Google secara global melakukan aksi demo pada awal bulan ini. Jumlahnya diklaim menembus 20 ribu orang yang terdiri dari karyawan dan karyawan kontrak Google. Mereka memprotes langkah yang diambil raksasa pencarian internet itu terhadap para eksekutifnya yang diduga melakukan pelecehan seksual.




Buntut dari hal tersebut, CEO Google Sundar Pichai mengirimkan sebuah memo yang dikirimkan kepada para pegawainya, kemudian dipublikasikan di situs web Google.

Secara garis besar, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, AS ini berjanji akan lebih transparan dalam menangani suatu masalah. Berikut isi memo yang dituliskan oleh Pichai, seperrti dikutip dari blog Google, Jumat (9/11/2018):

Halo semuanya,

Di Google kami berusaha keras untuk membangun tempat kerja yang mendukung karyawan kami dan memberdayakan mereka untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka. Sebagai CEO, saya mengambil tanggung jawab ini dengan sangat serius dan saya berkomitmen untuk membuat perubahan yang perlu kami tingkatkan. Selama beberapa minggu terakhir, para pemimpin Google dan saya telah mendengar masukan Anda dan tersentuh oleh kisah-kisah yang telah Anda bagikan.

Kami menyadari bahwa kami tidak selalu mendapatkan semuanya dengan benar di masa lalu dan kami dengan tulus meminta maaf untuk itu. Jelas kita perlu membuat beberapa perubahan.

Ke depan, kami akan memberikan lebih banyak transparansi tentang bagaimana kami menangani masalah. Kami akan memberikan dukungan dan kepedulian yang lebih baik kepada orang-orang yang membesarkan mereka. Dan kami akan menggandakan komitmen kami untuk menjadi tempat kerja yang representatif, adil, dan terhormat.




Hari ini, kami mengumumkan rencana aksi komprehensif untuk membuat kemajuan. Ini terperinci di sini dan saya mendorong semua orang untuk membacanya. Berikut beberapa perubahan utama:

- Kami akan membuat arbitrase opsional untuk klaim pelecehan dan kekerasan seksual. Google tidak pernah mewajibkan kerahasiaan dalam proses arbitrase dan arbitrase masih mungkin merupakan jalan terbaik untuk sejumlah alasan (misalnya privasi pribadi), tetapi kami mengakui bahwa pilihan itu harus terserah Anda.

- Kami akan memberikan lebih banyak perincian tentang penyelidikan dan hasil pelecehan seksual di perusahaan sebagai bagian dari Laporan Investigasi kami.

- Kami memperbaiki cara kami menangani dan melihat kekhawatiran Anda dalam tiga cara: Kami merombak saluran pelaporan kami dengan menyatukannya di satu situs khusus dan termasuk dukungan langsung. Kami akan meningkatkan proses yang kami gunakan untuk menangani masalah-termasuk kemampuan untuk karyawan Google untuk didampingi oleh orang yang mendukung. Dan kami akan menawarkan perawatan ekstra dan sumber daya bagi Karyawan Google selama dan setelah proses. Ini termasuk konseling diperpanjang dan dukungan karier.




- Kami akan memperbarui dan memperluas pelatihan terkait kasus pelecehan seksual. Mulai sekarang jika Anda belum menyelesaikan pelatihan, Anda akan menerima dermaga satu peringkat di Perf (catatan editor: Perf adalah sistem peninjauan kinerja kami).

- Kami akan melakukan komitmen terhadap OKR perusahaan kami di sekitar keragaman, pemerataan dan inklusi lagi pada tahun 2019, berfokus pada peningkatan representasi - melalui perekrutan, pengembangan dan retensi - dan menciptakan budaya yang lebih inklusif untuk semua orang. Chief Diversity Officer kami akan terus memberikan pembaruan kemajuan bulanan kepada saya dan tim kepemimpinan saya.

Saya harap Anda meluangkan waktu untuk membaca berbagai tindakan yang kami umumkan hari ini.

Terima kasih atas umpan balik kepada kami. Ini adalah area di mana kita harus terus membuat kemajuan dan berkomitmen untuk melakukannya. Kami sering mendengar dari karyawan Google bahwa bagian terbaik dari bekerja di sini adalah Karyawan Google lainnya. Bahkan di masa-masa sulit, kami didorong oleh komitmen rekan-rekan kami untuk menciptakan tempat kerja yang lebih baik. Itu sangat kuat selama beberapa minggu terakhir.


-Sundar




(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed