Jumat, 09 Nov 2018 13:13 WIB

Dilelang, Barang Peninggalan Stephen Hawking Ini Laku Rp 11 M

Virgina Maulita Putri - detikInet
Disertasi Stephen Hawking yang laku Rp 11 miliar saat dilelang (Foto: Reuters) Disertasi Stephen Hawking yang laku Rp 11 miliar saat dilelang (Foto: Reuters)
Jakarta - Sejumlah barang milik Stephen Hawking, yang meninggal dunia bulan Maret lalu, dilelang oleh rumah lelang Christie's. Di antaranya ada kursi roda bermotor yang ikonik karena rutin mengiringi sosok sang fisikawan, walaupun bukan barang itu yang paling mahal terjual.

Dilansir detikINET dari The Guardian, Jumat (9/11/2018), barang termahal yang terjual dalam pelelangan itu adalah disertasi PhD dari Stephen Hawking, yang berjudul 'Properties of Expanding Universe'.

Nilainya mencapai GBP 584.750 (Rp 11 miliar). Disertasi ini sendiri pertama kali diterbitkan oleh Universitas Cambridge pada tahun 1966 dan berisi teori tentang kelahiran dan ekspansi alam semesta.

Sedangkan kursi roda bermotor mendiang Hawking terjual dengan harga GBP 296.750 (Rp 5,6 miliar). Tujuh medali dan penghargaan yang diberikan kepada Hawking, termasuk Albert Einstein Award untuk pencapaiannya di ilmu pengetahuan alam, terjual dengan harga sekitar GBP 300.000 (Rp 5,7 miliar).




Selain barang-barang milik Hawking, lelang yang dinamai 'On the Shoulders of Giants' ini juga menjual barang-barang yang terkait dengan ilmuwan lainnya.

Seperti naskah milik Isaac Newton yang terjual dengan harga GBP 100.000 (Rp 1,9 miliar), surat yang ditulis oleh Charles Darwin terjual dengan harga GBP 50.000 (Rp 954 juta), dan naskah milik Albert Einstein yang terjual dengan harga GBP 32.500 Rp (620 juta).

Lelang ini sendiri mencakup 52 barang milik Hawking. Termasuk dalam lelang juga barang personal milik Hawking seperti jaket bomber yang terjual dengan harga GBP 40.000 (Rp 763 juta) dan naskah milik Hawking saat menjadi bintang tamu di serial TV The Simpsons yang terjual dengan harga GBP 6.250 Rp (119 juta)

Anak Hawking, Lucy Hawking, mengatakan lelang ini memberi kesempatan buat penggemar ayahnya untuk memiliki kenang-kenangan dari kehidupan ayahnya yang luar biasa, dalam bentuk barang yang menggugah dan memesona. Lelang barang-barang peninggalan Stephen Hawking ini menghasilkan total GBP 1,8 juta (Rp 34 miliar).

Uang yang didapatkan dari hasil lelang tersebut akan disumbangkan untuk Stephen Hawking Foundation dan Motor Neuron Disease Foundation. Semasa hidupnya, Hawking menderita penyakit motor neuron sebelum meninggal dunia pada usia 76 tahun di bulan Maret 2018.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed