Konten Visual Sekarang Penting Banget, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

d'Youthizen Goes to Campus

Konten Visual Sekarang Penting Banget, Ini Alasannya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 05 Nov 2018 15:00 WIB
Kiagus Akhmad Auliansyah menuturkan pentingnya konten visual saat ini (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Jakarta - Perkembangan dunia digital di Zaman Now ikut memunculkan tren tersendiri dalam hal cara publik mengonsumsi media, yang sekaligus menegaskan pentingnya konten visual.

Pada zaman now, materi dalam bentuk konten visual memiliki tingkat penerimaan oke. Konten-konten visual jadi kian populer karena tetap bisa informatif sebagaimana halnya konten dalam bentuk teks.

"Ini jadi kayak pentas baru untuk orang visual berunjuk karya. Peran visual itu jadi lebih penting lagi," kata Art Director detikcom Kiagus Akhmad Auliansyah dalam d'Youthizen Goes to Campus di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Senin (5/11/2018).


Pentingnya Konten Visual di Zaman NowFoto: Istimewa


Menurut pria yang kerap disapa Aki itu, 80% informasi yang diterima secara visual akan lebih diingat oleh pembaca. Untuk itu saat ini banyak media yang menggunakan visual seperti infografis, komik, dan media visual lainnya untuk menyampaikan berita.

"Teks atau kalimat sudah dilupakan dan infografis itu sudah dapat menyampaikan informasi dengan baik," katanya.

"Dari infografis kita lihat (Michael) Jordan lebih bagus dari Kobe (Bryant). Semuanya bisa dilihat tanpa perlu dibaca," jelasnya sambil menunjukkan infografis yang membandingkan Kobe Bryant dan Michael Jordan.




Yang kemudian jadi tantangan, kata Aki, adalah bagaimana mengemas data-data secara menarik agar dapat menarik secara visual selain juga tersampaikan informasinya.

"Ada unsur entertainment jadi orang-orang tidak jenuh baca berita negatif setiap hari," tuturnya.

Aki menjadi salah satu narasumber dalam acara d'Youthizen Goes to Campus hasil kolaborasi detikcom dengan Honor.


(krs/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT