Samsung bakal Umbar Bixby ke Developer

Samsung bakal Umbar Bixby ke Developer

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 04 Nov 2018 19:50 WIB
Foto: Internet
Jakarta - Ada satu alasan mengapa Alexa, asisten virtual buatan Amazon, bisa cepat populer dan mendapat perhatian, ini karena Amazon mempersilakan akses Alexa untuk diutak-atik para developer.

Kini Samsung pun membuat keputusan yang sama. Samsung berencana akan mengadopsi strategi yang sama untuk mempopulerkan asisten digitalnya, Bixby.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari The Wall Street Journal, Minggu (4/11/2018), Samsung segera membuat pengumuman dalam waktu dekat saat Samsung Developer Conference berlangsung.



Selain diprediksi mengumumkan ponsel lipat, perusahaan asal Korea Selatan ini juga kabarnya akan memperlihatkan kepada para developer, bahwa mereka bisa membuat aplikasi atau fitur baru untuk Bixby.

Samsung memang harus bekerja keras untuk mengejar porsi yang lebih besar di pasar asisten digital. Saat ini, Alexa mendominasi pasar asisten digital di Amerika Serikat, dengan persentase 24% orang menggunakannya. Setelahnya, Google Assistant berada di urutan kedua dengan persentase 20%.

Di mana posisi Bixby? Porsinya masih sangat kecil dengan persentase sebesar 6%. Belum banyak developer yang membuat aplikasi atau fungsi untuk asisten digital ini.

Samsung tidak diam saja. Berdasarkan laporan Wall Street Journal, Samsung menawarkan USD 500 kepada 50 developer pertama yang bersedia membuat aplikasi atau fitur untuk Bixby.



Awalnya, hanya ada 30 developer yang mendaftar. Namun kemudian jumlahnya bertambah menjadi 46. Namun ini pun masih belum mencapai target yang ingin diraih Samsung. (rns/rns)