Minggu, 04 Nov 2018 07:24 WIB

Mengenang Pria yang Diabadikan Menjadi Super Mario

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Nama karakter Super Mario ternyata diambil dari seorang pria yang belum lama ini meninggal dunia. Siapa dia?

Sosok Super Mario mungkin sudah tak asing lagi di pikiran, terlebih bagi para penggemar Nintendo. Produsen konsol game asal Jepang itu awalnya memberi nama tokoh tersebut sebagai Jumpman, sebelum mendapat namanya seperti saat ini.

Nama Mario mulai digunakan berasal dari seorang bernama Mario Segale. Ia adalah pria berdarah Italia-Amerika Serikat, yang namanya diabadikan menjadi tokoh fiksi legendaris. Ia sempat menceritakan bawa Minoru Arakawa, founder sekaligus mantan presiden Nintendo, yang memilih namanya disematkan ke Jumpman.



Hubungan keduanya muncul setelah Segale menyewakan sebuah bangunan untuk Nintendo of America. Hal tersebut terjadi sekitar 1980-an. Ia sendiri merupakan pebisnis yang bergerak di bidang pengembangan properti, sebagaimana detikINET kutip dari BBC, Minggu (4/11/2018).

Dan ternyata, pada akhir Oktober lalu, Segale telah meninggal di usia 84 tahun. Ia meninggalkan seorang istri bernama Donna, serta empat orang anak dan sembilan cucu.

Untunglah, Arakawa dipertemukan dengan Segale. Kalau tidak, mungkin sampai saat ini Super Mario akan terus bernama Jumpman, dan bisa jadi tak mampu meraih kesuksesan di industri gaming.



Seri game Mario memang disebut-sebut sebagai franchise tersukses sepanjang masa. Hal itu pun diakui untuk semua konsol, tak hanya milik Nintendo saja.

Capaiannya itu pun dilanjutkan oleh judul terbarunya, yaitu Super Mario Odyssey. Dengan torehan lebih dari 12 juta kopi, game tersebut jadi yang paling laris di Nintendo Switch. (agt/agt)