Rabu, 31 Okt 2018 17:47 WIB

Keputusan Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang Jangan Ditiru

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sukses, Bill Gates juga punya sebuah keputusan yang sebaiknya jangan ditiru (Foto: Reuters) Sukses, Bill Gates juga punya sebuah keputusan yang sebaiknya jangan ditiru (Foto: Reuters)
Jakarta - Bill Gates dan Mark Zuckerberg punya satu kesamaan yang rasanya tak pantas ditiru. Yaitu mereka sama-sama memutuskan drop out kuliah dari universitas Harvard demi membesarkan Microsoft dan Facebook.

Gates berulangkali orang terkaya di dunia meski sekarang telah disalip Jeff Bezos dan Zuck tak begitu jauh di bawahnya. Maka tak sedikit yang beranggapan tak lulus kuliah pun bisa sukses luar biasa.

Dikutip detikINET dari Business Insider, riset situs lowongan kerja Adview pada 362 miliarder menemukan kalau 44 di antaranya drop out. Selain Gates dan Zuck, ada Paul Allen pendiri Microsoft, Michael Dell pendiri Dell ataupun pencipta Apple Steve Jobs.




Namun demikian, meski memang benar mengambil risiko dan tak takut gagal adalah kunci kesuksesan, bukan berarti keluar dari kuliah pantas ditiru.

"Selalu ada orang drop out seperti Mark Zuckerberg. Tapi kalian harus berasumsi kalian bukanlah mereka dan harus kuliah," sebut Scott Galloway, profesor marketing di NYU Stern.

Meski banyak orang kaya drop out, jauh lebih banyak dari mereka yang memiliki gelar sarjana, tak sedikit dari kampus bergengsi. Sebanyak 362 miliarder adalah alumnus Harvard, Stanford dan University of Pennsylvania.

Riset dari Jonathan Wai dan Heiner Rinderman menemukan bahwa 94% orang berhasil di Amerika Serikat, termasuk wartawan top, politisi dan para CEO adalah lulusan universitas.

"Mungkin saja di masa depan, kampus tidak lagi penting bagi perusahaan. Namun untuk saat ini, drop out yang menguasai dunia adalah perkecualian yang langka," sebut mereka.
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed