Senin, 29 Okt 2018 21:09 WIB

Dua Startup Lokal Terpilih untuk Unjuk Gigi di India

Virgina Maulita Putri - detikInet
Modal Rakyat, platform peer-to-peer lending yang menyediakan pembiayaan bagi UMKM, sebagai startup pilihan. Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri Modal Rakyat, platform peer-to-peer lending yang menyediakan pembiayaan bagi UMKM, sebagai startup pilihan. Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri
Jakarta - Akselerator startup Digitaraya menggelar program pelatihan untuk tujuh startup lokal. Dalam program ini, mereka menggandeng Google Developers Launchpad.

Dengan bekerja sama Google Developers Launchpad, program ini mengajarkan berbagai hal yang krusial untuk startup yang berada di level product market-fit. Pelatihan tersebut antara lain membangun business model dan strategi, diskusi dengan mentor, dan kemampuan pitching.

Nah, pelatihan pitching ini yang diuji pada hari ini melalui Demo Day yang bertempat di kantor Google Indonesia. Tujuh pendiri startup terpilih ini menyampaikan ide dan visi masa depan mereka ke empat juri. Sebelumnya, tujuh startup tersebut telah digembleng selama tiga bulan.




Tujuh startup tersebut bergerak di berbagai bidang, seperti logistik (Expedito), pendidikan (Arkademy dan Kinibisa), fintech (Modal Rakyat), kesehatan (Riliv dan Reblood), serta olahraga (Gelora). Sementara itu, empat juri tersebut berasal dari berbagai latar belakang, seperti Venture Capital (VC) konsultan, hingga eksekutif Google.

Walaupun gelaran ini bukan kompetisi, para juri ini berkesempatan untuk memilih startup favorit mereka. Para audiens yang terdiri dari perwakilan VC dan stakeholder lainnya juga bisa memilih startup favorit mereka.

"Kami melihat siapa yang memiliki potensi daya tarik dan komposisi yang berkelanjutan ke depannya," kata salah satu juri, Managing Director McKinsey Indonesia Phillia Wibowo, di Digitaraya Demo Day 2018, Jakarta, Senin (29/10/2018).




"Dan mungkin seseorang yang memiliki tim paling siap untuk melangkah ke tahap selanjutnya," sambungnya.

Panel juri sendiri pada prosesnya memilih Modal Rakyat, platform peer-to-peer lending yang menyediakan pembiayaan bagi UMKM, sebagai startup pilihan mereka. Sedangkan startup pilihan audiens adalah Riliv, aplikasi konseling online di mana pengguna bisa berkonsultasi dengan psikolog lewat SMS.

Kedua startup ini nantinya akan diberangkatkan ke Bangalore dan New Delhi, India untuk bergabung dengan program Launchpad serupa di sana.




Tonton juga 'Mahasiswa Indonesia Ciptakan Startup untuk Perantau di Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed