Senin, 29 Okt 2018 13:24 WIB

Diprotes Pegawai, Microsoft Kukuh Ikut Tender Dephan AS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi Microsoft. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Walaupun dilanda protes pegawai, Microsoft tampaknya tetap ingin berpartisipasi dalam tender kontrak dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal (WSJ), CEO Microsoft, Satya Nadella dan Presiden serta Chief Legal Officer Microsoft, Brad Smith mengatakan kepada pegawai bahwa proyek Dephan AS yang disebut JEDI (Joint Enterprise Defense Infrastructure) merupakan proyek yang Microsoft berkomitmen untuk kerjakan.

"Kami ingin orang-orang di negara ini dan khususnya orang-orang yang melayani negara ini untuk tahu bahwa kami di Microsoft selalu mendukung mereka," tulis Smith dalam blog post-nya, seperti dikutip detikINET dari CNET, Senin (29/10/2018).


"Kami tidak meminta atau berharap semua yang bekerja di Microsoft untuk mendukung setiap posisi yang diambil oleh perusahaan," lanjutnya.

Smith menambahkan bahwa pegawai Microsoft yang keberatan untuk bekerja di proyek ini dapat meminta untuk dipindah ke proyek lain. Ia juga menegaskan bahwa Microsoft tidak akan menghindar dari isu etika yang berpotensi timbul dari bekerja dengan sektor militer.

"Penting bagi semua orang di sektor teknologi untuk menyadari bahwa isu etika bukanlah hal yang baru di sektor militer," jelas Smith.

"Untuk menarik diri dari pasar ini akan mengurangi kesempatan kami untuk terlibat dalam debat publik tentang bagaimana teknologi baru dapat digunakan secara bertanggung jawab," lanjutnya.


JEDI sendiri merupakan proyek milik Dephan AS yang meliputi memindahkan data internal milik Pentagon yang sangat besar ke sistem cloud. Nilai kontrak ini mencapai USD 10 miliar (Rp 152 triliun).

Google sebelumnya telah menyatakan untuk mundur dari tender ini karena dianggap tidak sejalan dengan nilai-nilai perusahaan tentang penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang sesuai etika.




Tonton juga 'Google Jadi Perusahaan Terbaik Versi Majalah Forbes':

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/fyk)