Sabtu, 27 Okt 2018 11:03 WIB

Lukisan Karya Kecerdasan Buatan Ini Laku Rp 6,5 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
ilustrasi AI. (Foto: istimewa) ilustrasi AI. (Foto: istimewa)
Jakarta - Balai lelang Christie baru-baru ini menjual lukisan karya kecerdasan buatan (AI) pertamanya. Lukisan berjudul Portrait of Edmond Belamy itu laku seharga USD 432.500 atau sekitar Rp 6,5 miliar.

Ada dua hal unik dari penjualan lukisan ini, yaitu ini adalah pertama kalinya balai lelang itu melelang lukisan yang dibuat oleh AI. Dan yang kedua adalah harga akhirnya yang sangat tinggi, padahal lukisan itu awalnya diprediksi hanya akan laku dengan harga antara USD 7000 sampai USD 10.000.




Lukisan ini dibuat oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai Obvious. Ketiga anggota Obvious adalah tiga orang mahasiswa asal Prancis yang menggunakan algoritma machine learning yang dikenal sebagai generative adversarial network (GAN) untuk menciptakan lukisan ini.


Sistemnya dilatih menggunakan sekumpulan gambar historis, dan kemudian mencoba menciptakan hasil karyanya sendiri. Obvious kemudian mencetak gambar tersebut, membingkainya dan membubuhkan tanda tangannya, termasuk bagian dari algoritma GAN.

Meski begitu, lukisan ini ternyata menyimpan sebuah kontroversi di dunia seni AI. Yaitu penggunaan kode dari seniman AI yang lain, yaitu Robbie Barrat, untuk menciptakan lukisannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (27/10/2018).

Obvious memang mengakui penggunaan AI milik seniman lain, namun tak jelas berapa banyak kode yang dipakai. Namun sejumlah ahli menduga penggunaan kode tersebut cukup signifikan jumlahnya.



Tonton juga video 'Lukisan Raden Saleh 'Megamendung' Dilelang Rp 26M':

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed