Jumat, 26 Okt 2018 13:10 WIB

Google Pecat Puluhan Karyawan Gara-gara Pelecehan Seks

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Setelah laporan New York Times yang membahas skandal pelecehan seksual oleh bapak Android Andy Rubin muncul, CEO Google langsung mengirimkan memo untuk semua karyawan Google. Apa isinya?

Dalam surat tersebut, Pichai menyebut Google sudah memecat 48 orang selama dua tahun ke belakang karena kasus pelecehan seksual. Dari 48 orang itu, 13 di antaranya mempunyai jabatan senior manager ke atas.

Pichai pun memastikan kalau semua orang yang dipecat itu tak mendapat pesangon, tak seperti Andy Rubin yang disebut mendapat pesangon USD 90 juta dan berbagai kemudahan lain dari Google.



Google pun membuat sebuah cara baru agar karyawannya bisa melaporkan pelecehan seksual dan sejenisnya, dan laporan itu bisa dibuat secara anonim. Surat Pichai ke para karyawan Google itu juga ditandatangi oleh oleh Eileen Naughton, VP of people operations di Google.

"Laporan hari ini di New York Times sulit untuk diterima," tulis Pichai mengawali suratnya itu.

"Kami sangat serius untuk memberikan tempat kerja yang aman dan inklusif. Kami ingin menjamin kalau kami akan menanggapi semua komplain mengenai pelecehan seksual atau perlakuan tak semestinya, kami akan menginvestigasi dan kami akan mengambil tindakan," lanjutnya.



Pichai pun menyebut sudah menambahkan aturan baru yang mewajibkan VP dan SVP untuk mengungkap semua hubungan yang mereka lakukan dengan rekan pekerja lain, demikian dikutip detikINET dari Cnbc, Jumat (26/10/2018).

"Kami berkomitmen untuk memastikan Google adalah tempat kerja di mana kamu bisa merasa aman untuk melakukan pekerjaan terbaikmu, dan di mana akan ada konsekuensi serius bagi semua yang berlaku tak semestinya," tutup Pichai di surat itu.




Tonton juga 'Google Jadi Perusahaan Terbaik Versi Majalah Forbes':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed