Menakar Kota Pintar Racikan Bu Risma

Innocreativation Surabaya

Menakar Kota Pintar Racikan Bu Risma

Ardhi Suryadhi - detikInet
Kamis, 25 Okt 2018 16:33 WIB
Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Bagi sebagian orang, smart city identik dengan kota yang di dalamnya dijejali teknologi futuristik. Tapi tidak demikian bagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Bu Risma - panggilan akrab wali kota yang kerap diganjar berbagai award tersebut - menyebut perspektif soal smart city alias kota pintar lebih dari sekadar perangkat canggih.

Dalam beberapa kesempatan, Risma kerap menyebut filosofi smart city yang dianut Surabaya memiliki beberapa acuan. Mulai dari smart living, smart government, smart economy, smart environment, smart mobility, dan yang juga tak kalah penting adalah smart people.

Nah, 'ekosistem smart' inilah yang diyakini Risma akan menjadikan sebuah wilayah menjadi kota pintar. Dimana masing-masing aspek saling bersinergi dan menunjang satu sama lain.

Topik 'Smart City' sendiri akan dibawakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam event Innocreativation pada 14-15 November di Grand City Convex, Surabaya.

Dalam acara ini, Risma akan bercerita bagaimana 'mazhab' smart city yang dianut Surabaya untuk diimplementasikan. Catat ya, diimplementasikan!

Pasalnya, setiap orang bisa saja mengklaim sudah memiliki visi smart city atau smart yang lain, tetapi eksekusinya di lapangan justru dipertanyakan atau sebatas angan-angan.

Innocreativation merupakan hasil kolaborasi detikcom dan Pemkot Surabaya dengan mengusung tagline 'an Inspiring and Entertaining Event'.

Jadi, Innocreativation tak cuma ingin menjadi acara yang bisa menginspirasi banyak orang, khususnya anak muda, terhadap berbagai peluang yang bisa digali dari sebuah perubahan zaman di era digital. Tetapi juga ada sisi hiburan yang disiapkan sehingga bisa menyegarkan pikiran.

Innocreativation akan dihelat pada 14-15 November di Grand City Convex, Surabaya. Dan pada 16-17 November, di tempat yang sama juga bakal digelar Startup Nation Summit (SNS) 2018.

Startup Nation Summit bisa dibilang sebagai ajang berkumpulnya penggiat startup dunia. Di sini para pemangku kepentingan di jagat startup bakal bertukar pikiran sekaligus mengusulkan arah kebijakan yang cocok bagi para pelaku usaha rintisan ini.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memprediksi Startup Nation Summit akan dihadiri oleh delegasi dari 170 negara di dunia.

"Era ini akan menjadi semangat baru bagi seluruh insan, terutama untuk anak-anak muda di Surabaya untuk menggugah semangat entrepreneur muda. Menjadi entrepreneur adalah sebuah pilihan tepat. Sebab tantangan anak muda tahun 2040 adalah bagaimana bisa menciptakan sebuah lapangan kerja, bukan mencari pekerjaan," ungkap Risma.

Nah bagaimana, bikin penasaran kan? Makanya, dapatkan tiket Innocreativation di sini detik ini juga! (ash/fyk)