Rabu, 24 Okt 2018 19:31 WIB

Aplikasi Streaming Lokal Ini Tembus Sejuta Pengunduh

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Oona Foto: Dok. Oona
Jakarta - Pengunduh Oona, aplikasi video streaming milik Metranet, kini tembus sejuta. Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan beberapa penyedia konten baru.

Dengan kerja sama tersebut, kini jumlah kanal yang tersedia di Oona menjadi lebih dari 150 kanal, yang terdiri dari tayangan TV lokal maupun internasional, serta konten-konten video on demand (VOD) yang bisa ditonton secara gratis.

"Fitur-fitur yang kami hadirkan tidak saja menjadikan Oona mampu menghadirkan solusi tayangan siaran TV maupun VOD, namun Oona mampu menjadi enabler terselenggaranya ekonomi berbagi. Konsep ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penguatan ekonomi digital kreatif di Indonesia dan khususnya pada ekosistem yang kami bangun," ujar Widi Nugroho, Direktur Utama Metranet dalam keterangan yang diterima detikINET.

Antusiasme masyarakat dalam menyambut kehadiran Oona tak lepas dari tingginya relevansi antara values, manfaat, serta keunggulan Oona dengan tren kebutuhan dan gaya hidup generasi digital saat ini.

Dari data yang dimiliki Oona, konsumsi generasi Y dan Z terhadap tayangan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan ternyata masih menduduki posisi teratas meskipun tren mengakses melalui perangkat TV menunjukkan penurunan. Menariknya, menurunnya tren tersebut dibarengi dengan naiknya tren pemanfaatan internet dalam aktivitas keseharian mereka.

Generasi Y dan Z mengakses internet dengan beragam tujuan, seperti untuk bersosial media, mencari peluang kerja, membaca berita, hingga menonton siaran televisi secara streaming, dan melihat iklan-iklan untuk mencari produk-produk menarik.

Dua temuan terakhir tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan menarik bagi dunia usaha dalam menggunakan Oona sebagai media untuk berpromosi. Mengenai perangkat yang digunakan untuk berselancar di dunia maya, penggunaan Smartphone dan Tablet berada di peringkat pertama, disusul dengan notebook, dan terakhir adalah penggunaan komputer desktop. Ini selaras dengan fakta lainnya yang menegaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang praktis dan tidak mau repot.

"Aplikasi ini hadir sebagai cara baru menonton tayangan televisi bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi digital yang memiliki mobilitas tinggi, selalu ingin terhubung dengan informasi terbaru, terus eksis dalam bersosialisasi digital, dan senantiasa mengandalkan dukungan smartphone untuk setiap aktivitasnya. Oona memiliki pendekatan unik yang mampu menghubungkan kepentingan pengguna, merchants, maupun dunia usaha," ujar Setyo Budianto, Direktur Pengembangan Bisnis Metranet.

Untuk menghadirkan pengalaman-pengalaman seru tersebut, Oona diperkaya dengan beberapa fitur inovatif dan menarik, antara lain:

1. Chatbot, bernama Siskabot yang akan berinteraksi dengan pengguna tentang jenis tayangan yang diminati dan sekaligus akan menjadi dasar bagi Oona dalam menyuguhkan iklan yang sesuai dengan pengguna berkat dukungan teknologi AI yang menyertai aplikasi ini.

2. TCoins, penawaran menarik berupa poin reward bagi pengguna terkait dengan kesediaannya menonton tayangan pariwara yang menyertai siaran TV atau VOD yang dipilihnya. dan mengundang teman atau kerabat untuk turut mengunduh melalui akun media sosial atau aplikasi pesan, serta pengguna yang telah melakukan perbincangan bersama pengguna lain tentang sebuah tayangan di Chat Room yang tersedia. Selanjutnya, Tcoins dapat ditukarkan dengan kupon potongan harga di berbagai merchants.

3. Sharing, pengguna dapat melakukan editing setelah melalukan screen capture dan share melalui media sosial

Kedepannya, Metranet berencana menggandeng Telkomsel untuk berkolaborasi dalam meningkatkan trafik data dalam mengakses konten video. Sebagai langkah lanjutan dari strategi tersebut, nantinya Oona akan bisa dinikmati melalui paket video dari Telkomsel yaitu paket VideoMAX. (asj/asj)