Bos YouTube Serang Regulasi 'Anti Meme' Uni Eropa

Bos YouTube Serang Regulasi 'Anti Meme' Uni Eropa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 24 Okt 2018 08:03 WIB
CEO YouTube Susan Wojcicki. Foto: Noam Galai/Getty Images
Jakarta - Parlemen Uni Eropa baru saja meloloskan Directive on Copyright, regulasi yang mengatur hak cipta konten pada bulan September. Aturan ini sendiri memicu kontroversi, terutama di kalangan kelompok yang pro kebebasan berinternet.

Salah satu pasal yang menjadi fokus adalah pasal 13. Pasal ini mengatur bagaimana platform online harus melakukan penyaringan agar konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta. Pasal ini juga disebut pasal anti meme karena banyak meme yang bergantung pada konten dengan hak cipta.


Pasal ini sudah diprotes oleh figur-figur penting dari sektor teknologi, seperti penemu World Wide Web, Tim Berners Lee dan pendiri Wikipedia, Jimmy Wales. Kini CEO YouTube, Susan Wojcicki yang menyerang pasal 13 lewat blog post yang ditujukan untuk kreator konten YouTube.

"Undang-undang ini membawa ancaman bagi penghidupan dan kemampuan kalian untuk berbagi suara dengan dunia," tulis Wojcicki, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (24/10/2018).

"Dan jika diterapkan, pasal 13 mengancam ratusan ribu pekerjaan, kreator Eropa, bisnis, artis dan semua orang yang mereka pekerjakan," lanjutnya.



Menurut Wojcicki, tanggung jawab yang dibebankan YouTube terhadap semua kontennya akan terlalu berisiko bagi platform-nya untuk memuat konten dari kreator kecil.

Ia juga menyebut bahwa Google, sebagai induk YouTube, telah memiliki software Content ID yang melindungi pemilik konten. Software ini dengan otomatis membandingkan video yang baru diunggah dengan database yang berisi video dan audio yang dilindungi hak cipta.

Ia pun menyerukan kreator konten, terutama yang berbasis di Eropa, untuk protes menggunakan tagar #SaveYourInternet. YouTube juga telah memiliki laman khusus yang berisi penjelasan tentang pasal 13 dalam bentuk video-video buatan kreator ternama.

Tonton juga 'Regulasi 'Anti Meme' yang Ditolak Habis-habisan' di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)