Selasa, 23 Okt 2018 15:04 WIB

Keakraban Arab Saudi dan Para Raksasa Teknologi Terancam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kantor Google. Foto: Office Snapshot Kantor Google. Foto: Office Snapshot
Jakarta - Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dari dulu akrab dengan para bos perusahan teknologi ternama. Pada tahun 2017, ia pernah datang ke kantor Facebook dan bersua dengan Mark Zuckerberg.

Sosok powerful ini memang dikenal dekat dengan anak muda dan ingin menampakkan citra Arab Saudi yang lebih modern. Belum lama ini, dia juga berkunjung ke Silicon Valley. Dia jumpa dengan CEO Apple, Tim Cook, CEO Google, Sundar Pichai, serta CEO Amazon, Jeff Bezos.

Dikutip detikINET dari CNN, pangeran Salman membicarakan kemungkinan kemitraan antara negara kaya minyak yang dipimpinnya dengan para perusahaan teknologi terbaik di dunia. Rumor berkembang bahwa para raksasa teknologi itu akan membuat data center ataupun toko di Arab Saudi.



Kini relasi baik itu terancam terkait pembunuhan yang menimpa jurnalis Jamal Khashoggi. Banyak pertanyaan muncul tentang apa peran pemerintah Arab Saudi dan khususnya pangeran Salman. Meski para bos teknologi itu cenderung diam, bukan berarti mereka tak peduli.

Google misalnya, memastikan tidak akan menghadiri Future Investment Initiative Summit di Riyadh. Demikian pula CEO Uber, Dara Khosrowshahi, batal datang ke sana terkait pembunuhan Khashoggi.

"Beberapa dari mereka memang masih anak baru di Timur Tengah, dibandingkan dengan industri energi dan pertahanan," sebut Sam Blatteis, mantan eksekutif Google. Mereka masih belum mantap untuk bersikap.



Akan tetapi bukan berarti dengan peristiwa ini, hubungan antara Arab Saudi dengan para perusahaan teknologi benar-benar rusak. Jika peristiwa tersebut mulai menghilang dari radar, rencana bisnis di antara mereka sangat mungkin tetap berlanjut.

"Aku tidak akan terkejut jika masih ada ketertarikan dari para perusahaan teknologi itu. Mereka akan mengembangkan industri non minyak dengan teknologi," tutur Blatteis.




Tonton juga 'Johnny Plate: Kasus Khashoggi Berdampak bagi Politik Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed